Makanan Dan Minuman Untuk Membantu Melawan Demam Berdarah Dengue

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

nyamuk dengue
Belum ada vaksin untuk mencegah Demam Berdarah Dengue demikian pula tidak ada obat-obatan khusus untuk mengobati Demam Berdarah Dengue (DBD). Seseorang yang sudah terjangkit DBD namun masih ringan bisa diupayakan kesembuhannya dengan minum banyak cairan, istirahat yang banyak dan mengkonsumsi obat penurun panas (paracetamol) guna meredakan gejala demam tinggi yang menyertai DBD ini. Dengan cara tersebut diharapkan bisa sembuh dalam waktu satu hingga dua minggu. Jika penyakitnya sudah ke taraf lanjut kemungkinan memerlukan cairan infus dan transfusi darah.

Namun demikian mengingat penyakit ini membawa resiko mematikan yang cukup tinggi sangat disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter atau klinik jika ada diantara anggota keluarga yang mengalami gejala demam selama lebih dari seminggu terlebih jika demamnya sangat tinggi.

Jika sudah dinyatakan positip demam berdarah (lewat pemeriksaan darah) disamping mengikuti prosedur perawatan yang disarankan medis (rawat inap misalnya) perlu juga mengupayakan kesembuhan dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman guna mendukung upaya medis untuk mempercepat proses penyembuhan mengingat memang belum ada obat-obatan yang khusus untuk melawan DBD ini.

Berikut beberapa jenis makanan dan minuman yang disarankan untuk dikonsumsi:

  1. Bubur, sebagai sumber energi bagi pasien dan teksturnya yang halus menjadikan mudah untuk dicerna tubuh.
  2. Susu, mengandung sejumlah nutrisi penting seperti vitamin, protein, dan mineral kompleks yang sangat berguna dalam melawan virus penyebab demam berdarah.
  3. Jus Sayuran, juga termasuk salah satu minuman yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi para penderita demam berdarah. Jus sayuran yang dimaksud adalah campuran antara mentimun, wortel, dan sayuran hijau lainnya. Para ahli mengatakan bahwa jus yang berbahan dasar sayuran organik mengandung segudang nutrisi yang bermanfaat dalam mempercepat proses penyembuhan pasien demam berdarah.
  4. Jus buah, selain jus sayuran, jus buah yang kaya akan vitamin C juga memberikan manfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Meningkatnya sistem kekebalan tubuh akan memberikan dampak positif terhadap proses pemulihan. Pilih buah yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, pepaya, stroberi, kiwi, jambu biji, atau blewah. Bisa juga mengonsumsi jus lemon yang dinilai efektif dalam mengusir racun dari dalam tubuh akibat virus demam berdarah.
  5. Teh herbal, para penderita demam berdarah juga disarankan untuk mengonsumsi teh herbal yang diperkaya jahe dan kapulaga untuk membantu meredakan demam.
  6. Air kelapa, pasien demam berdarah biasanya rentan mengalami dehidrasi. Maka dari itu, minum air kelapa merupakan cara yang baik untuk mengisi ulang mineral dan elektrolit yang hilang ketika tubuh mengalami dehidrasi.
  7. Daun pepaya, dipercaya sebagai bahan makanan yang efektif dalam melawan virus demam berdarah. Mengonsumsi daun pepaya merupakan salah satu cara alami dalam mengobati penyakit demam berdarah.
  8. Jeruk, disamping dikonsumsi dengan cara dibuat jus juga bisa dikonsumsi langsung karena banyak mengandung air dan tidak memberatkan proses pencernaan. Bermanfaat seperti halnya jus buah yang telah disebut di atas.

Diharapkan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang disarankan tersebut proses penyembuhan penderita DBD dapat dipercepat dan demikian pula dengan proses pemulihan kesehatannya.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SerbaSerbi.web.id © 2016 Frontier Theme