Mucocele, Benjolan Mirip Kista Di Mulut

Setahun lalu (2012) saya dikejutkan dengan adanya benjolan kecil yang ada di bagian bawah lidah keponakan saya yang berusia 10 tahun. Kira-kira sebesar kacang hijau, sewarna dengan warna lidahnya dengan permukaan halus dan agak bening, persis seperti gambar di samping (namun demikian gambar itu bukan gambar lidah keponakan saya). Tidak terasa sakit menurut keponakan saya itu. Pada waktu itu kami tidak tahu itu apa, oleh karenanya segera kami bawa ke rumah sakit dan oleh petugas loket diarahkan ke poli bedah.

Setelah diperiksa beberapa saat dan dikonsultasikan dengan dokter senior mereka, disimpulkan bahwa itu adalah mucocele (mukosel). Sebagai dokter bedah mereka tentunya menganjurkan kami untuk segera dibedah dan nantinya akan dianalisa di lab untuk diketahui kepastiannya. Kami diberi opsi untuk bedah bius lokal atau total. Sebenarnya cukup dibutuhkan bedah kecil dengan bius lokal, tetapi karena biusnya harus di lidah dan dikuatirkan anak kecil tidak sanggup menahan sakit saat bius disuntikkan, maka kami memilih bius total. Singkatnya hasil lab menunjukkan itu benar-benar mucocele dan tidak ada indikasi adanya sel ganas.

Dari beberapa referensi yang saya temukan lewat google, mucocele ini adalah akibat terputusnya saluran kelenjar ludah yang dikarenakan trauma lokal seperti tergigit atau terbentur kemudian membesar karena terisi dengan lendir yang merupakan akumulasi cairan ludah yang tersumbat. Sering terdapat di bibir bawah bagian dalam dan sering dikarenakan kebiasaan buruk menggigit-gigit bibir. Bisa juga muncul di pipi sebelah dalam, lidah bagian bawah dan di dasar mulut. Khusus yang di dasar mulut disebut dengan Ranula yang bisa sangat besar dan dibutuhkan penanganan khusus yakni pembedahan karena bisa melebar sampai ke leher. Biasanya sering terjadi pada anak-anak dan remaja dengan rentang usia antara 10 tahun s/d 18 tahun.

Mucocele bervariasi ukurannya, mulai dari 1 mm sampai 1 cm lebih. Tidak mengakibatkan rasa sakit namun bisa sangat menggangu bagi penderitanya. Kebanyakan mucocele bisa sembuh dan pecah sendiri yang kemudian akan mengeluarkan lendir berwarna kuning bening. Tidak bisa ditentukan berapa lama kesembuhannya. Ada yang beberapa minggu, beberapa bulan bahkan bisa tahunan. Jika selaput luar mucocele cenderung tipis, kemungkinan besar akan bisa pecah dalam waktu singkat jika akumulasi ludah yang tersumbat sudah cukup banyak yang ditandai dengan semakin membesarnya mucocele, namun bila selaput yang membungkus relatif tebal mucocele bisa bertahan lama tidak segera pecah meskipun sudah membesar ukurannya, maka yang demikian itu akan mulai mengganggu bagi penderitanya, mungkin saat makan, saat berbicara ataupun mengganggu penampilan.

Jika sudah sangat besar dan mengganggu ada baiknya segera pergi ke dokter gigi dan mulut untuk berkonsultasi dan menentukan itu apa. Kemungkinan akan dianjurkan untuk dibedah. Namun bedah sebenarnya juga menimbulkan resiko munculnya mucocele baru disekitar luka akibat tindakan pembedahan tadi.

Beberapa orang menganjurkan untuk mengupayakan kesembuhan sendiri dengan jalan berkumur dengan air garam selama beberapa menit sebanyak tiga s/d enam kali sehari. Tindakan ini konon akan membantu mengecilkan ukuran mucocele dengan menarik cairan yang ada dalam mucocele tanpa merusak selaput yang membungkusnya. Saya sendiri belum pernah mencobanya. Beberapa yang lalu, muncul lagi mucocele di dalam mulut keponakan saya itu,  kali ini di bagian bawah lidah di bagian pangkalnya dan berlangsung selama 3-4 bulan. Sedianya akan saya cobakan terapi air garam itu, ternyata sudah lebih dulu pecah mucocelenya. Sebelum pecah mucocele tersebut tampak membesar kira-kira berdiameter 1/2 cm lebih dan berwarna merah kebiruan disekelilingnya.

Jika terapi dengan air garam (1 sendok makan garam dicampur dengan 1 cangkir air matang) selama beberapa hari tidak menghasilkan perubahan dan mucocele sudah membesar dan mengganggu, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter gigi.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

172 pemikiran di “Mucocele, Benjolan Mirip Kista Di Mulut”