Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

teh-hijau
Teh hijau dipercaya mengandung antioksidan dan polifenol yang tinggi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan kadungan antioksidan teh hijau lebih tinggi dibanding teh lainnya. Polifenol yang dikandung teh hijau bersifat anti-inflamasi dan anti-karsinogenik, sangat efektif untuk menghancurkan radikal bebas di dalam tubuh yang diyakini sebagai penyebab kanker dan penuaan dini.

Sementara itu kandungan kafein dalam teh hijau berkisar antara 20 s/d 45 mg untuk tiap 200 gram teh hijau.

Teh Hijau Membantu menurunkan Berat Badan

Pada saat mengkonsumsi teh hijau, metabolisme tubuh meningkat. Hal ini karena antioksidan yang dikandung teh hijau memperbaiki fungsi hati, yang kemudian menyebabkan terjadi pembakaran kalori. Pada saat yang sama juga akan dihasilkan energi dalam tubuh.

Teh Hijau Melindungi Jantung

Teh hijau mempunyai kemampuan untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) di dalam pembuluh darah. Teh hijau juga dapat mencegah penggumpalan darah yang dapat memicu serangan jantung dan stroke

Teh Hijau Menurunkan Tekanan Darah

Biasanya jika seseorang mengalamai tekanan darah tinggi, dokter akan memberi resep obat yang mengandung inhibitor ACE. Obat ini menghambat kerja enzym angiotensin-converting yang dihasilkan oleh ginjal. Teh hijau menghasilkan inhibitor ACE alami yang oleh sebab itu bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Teh Hijau Melindungi Terkena Diabetes Type 2

Diabetes type 2 adalah diabetes yang disebabkan karena gaya hidup dengan pola makan yang buruk. Polifenol dalam teh hijau menghambat pelepasan enzim yang disebut amilase, yang merubah karbohidrat menjadi gula sederhana, dan selanjutnya diserap darah. Dengan minum teh hijau, dapat menurunkan kadar gula darah.

Teh Hijau Meningkatkan Kesehatan Mulut

Zat anti bakteri yang dikandung dalam teh hijau dapat membunuh bakteri di dalam mulut yang menyebabkan bau mulut dan kerusakan gigi.

Teh Hijau Melindungi Dari Kanker

Zat polifenol, epigallocatechin-3-gallate, yang ditemukan dalam teh hijau memiliki sifat melawan kanker. Ini mencegah pertumbuhan sel, sehingga mencegah sel kanker berkembang biak.

Teh Hijau Mencegah Hepatitis

Virus hepatitis bisa terjadi karena kandungan zat besi yang sangat tinggi dalam hati. Minum teh hijau dapat membantu menurunkan kadar zat besi dalam tubuh dan secara tidak langsung juga melindungi liver terhadap hepatitis jenis tertentu.

Begitu banyak manfaat dari teh hijau bagi kesehatan manusia sehingga dianjurkan untuk mengkonsumsinya satu atau dua cangkir setiap hari. Para peneliti juga mengungkapkan bahwa teh hijau merangsang Gamma delta T-cells dalam tubuh yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga bisa melindungi dari serangan flu dan batuk pada umumnya.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SerbaSerbi.web.id © 2016 Frontier Theme