WordPress – Mengoreksi Angka Jumlah Komen

wordpress    
Sebagai pengguna hosting gratisan, seringkali direpotkan dengan harus berpindah-pindah hosting dikarenakan sesuatu sebab atau alasan. Mulai dari didisable karena tuduhan melanggar TOS (term of service) tanpa peringatan sebelumnya, situs tidak bisa diakses karena sharing server kita overload atau kita mendapatkan hosting gratis lain yang menawarkan fitur lebih bagus lagi.

Maka anjuran backup yang sering kita dengar itu akan menjadi benar-benar kebutuhan sangat vital manakala kita dihadapkan pada nasib seperti itu. Alhamdulillah sudah saya lakukan dan karenanya beberapa waktu lalu saat harus berpindah server lagi saya tidak khawatir kehilangan postingan yang sebelumnya juga sudah online. Hanya saja setelah backup di restore lagi, ada sedikit yang mengganggu waktu itu yaitu angka yang tertera di jumlah komen tidak sama dengan jumlah komen yang sesungguhnya. Entah kena apa waktu itu saya tidak tahu dan tidak ada waktu untuk mencari tahu kena apa, yang jelas harus disamakan.

Setelah googling beberapa kali akhirnya dapat solusinya. Dan itu cukup sederhana saja:

  • Login ke dashboard wordpress
  • Klik tab Comments yang ada di panel sebelah kiri
  • Edit salah satu komen yang termasuk di grup komen yang terjadi kekeliruan dengan cara yang simpel saja, misalnya dengan menghapus titik yang ada dikomen itu kemudian ketik kembali titik tersebut di tempat yang sama lalu simpan/update ‘perubahan’ tersebut
  • Selesai, sekarang jumlah komen yang tertera di angka sudah sesuai dengan jumlah komen yang sesungguhnya

Belakangan saya teringat dan menduga kalau kekeliruan angka jumlah komen itu mungkin dikarenakan saya mengedit (melengkapi) secara manual tabel database wordpress yang berisi data komen. Data backup yang saya restore di hosting baru ternyata komennya tidak lengkap. Saat mau restore cari-cari file backup-an mysql, yang ketemu duluan adalah file backup yang agak jadul padahal waktu itu perasaan ada file backup yang lebih baru. Karena tergesa-gesa ya lanjut direstore saja file yang ada. Nah belakangan ketemu juga file backup-an yang lebih baru, maka databasepun saya lengkapi secara manual, kebetulan di data komen. Nggak enak kan, pengunjung blog kita sudah capai-capai datang dan memberi komen, ternyata komennya dikemudian hari hilang.

Tinggalkan Balasan