Mucocele, Benjolan Mirip Kista Di Mulut

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

mucocele
Setahun lalu (2012) saya dikejutkan dengan adanya benjolan kecil yang ada di bagian bawah lidah keponakan saya yang berusia 10 tahun. Kira-kira sebesar kacang hijau, sewarna dengan warna lidahnya dengan permukaan halus dan agak bening, persis seperti gambar di samping (namun demikian gambar itu bukan gambar lidah keponakan saya). Tidak terasa sakit menurut keponakan saya itu. Pada waktu itu kami tidak tahu itu apa, oleh karenanya segera kami bawa ke rumah sakit dan oleh petugas loket diarahkan ke poli bedah.

Setelah diperiksa beberapa saat dan dikonsultasikan dengan dokter senior mereka, disimpulkan bahwa itu adalah mucocele (mukosel). Sebagai dokter bedah mereka tentunya menganjurkan kami untuk segera dibedah dan nantinya akan dianalisa di lab untuk diketahui kepastiannya. Kami diberi opsi untuk bedah bius lokal atau total. Sebenarnya cukup dibutuhkan bedah kecil dengan bius lokal, tetapi karena biusnya harus di lidah dan dikuatirkan anak kecil tidak sanggup menahan sakit saat bius disuntikkan, maka kami memilih bius total. Singkatnya hasil lab menunjukkan itu benar-benar mucocele dan tidak ada indikasi adanya sel ganas.

Dari beberapa referensi yang saya temukan lewat google, mucocele ini adalah akibat terputusnya saluran kelenjar ludah yang dikarenakan trauma lokal seperti tergigit atau terbentur kemudian membesar karena terisi dengan lendir yang merupakan akumulasi cairan ludah yang tersumbat. Sering terdapat di bibir bawah bagian dalam dan sering dikarenakan kebiasaan buruk menggigit-gigit bibir. Bisa juga muncul di pipi sebelah dalam, lidah bagian bawah dan di dasar mulut. Khusus yang di dasar mulut disebut dengan Ranula yang bisa sangat besar dan dibutuhkan penanganan khusus yakni pembedahan karena bisa melebar sampai ke leher. Biasanya sering terjadi pada anak-anak dan remaja dengan rentang usia antara 10 tahun s/d 18 tahun.

Mucocele bervariasi ukurannya, mulai dari 1 mm sampai 1 cm lebih. Tidak mengakibatkan rasa sakit namun bisa sangat menggangu bagi penderitanya. Kebanyakan mucocele bisa sembuh dan pecah sendiri yang kemudian akan mengeluarkan lendir berwarna kuning bening. Tidak bisa ditentukan berapa lama kesembuhannya. Ada yang beberapa minggu, beberapa bulan bahkan bisa tahunan. Jika selaput luar mucocele cenderung tipis, kemungkinan besar akan bisa pecah dalam waktu singkat jika akumulasi ludah yang tersumbat sudah cukup banyak yang ditandai dengan semakin membesarnya mucocele, namun bila selaput yang membungkus relatif tebal mucocele bisa bertahan lama tidak segera pecah meskipun sudah membesar ukurannya, maka yang demikian itu akan mulai mengganggu bagi penderitanya, mungkin saat makan, saat berbicara ataupun mengganggu penampilan.

Jika sudah sangat besar dan mengganggu ada baiknya segera pergi ke dokter gigi dan mulut untuk berkonsultasi dan menentukan itu apa. Kemungkinan akan dianjurkan untuk dibedah. Namun bedah sebenarnya juga menimbulkan resiko munculnya mucocele baru disekitar luka akibat tindakan pembedahan tadi.

Beberapa orang menganjurkan untuk mengupayakan kesembuhan sendiri dengan jalan berkumur dengan air garam selama beberapa menit sebanyak tiga s/d enam kali sehari. Tindakan ini konon akan membantu mengecilkan ukuran mucocele dengan menarik cairan yang ada dalam mucocele tanpa merusak selaput yang membungkusnya. Saya sendiri belum pernah mencobanya. Beberapa yang lalu, muncul lagi mucocele di dalam mulut keponakan saya itu,  kali ini di bagian bawah lidah di bagian pangkalnya dan berlangsung selama 3-4 bulan. Sedianya akan saya cobakan terapi air garam itu, ternyata sudah lebih dulu pecah mucocelenya. Sebelum pecah mucocele tersebut tampak membesar kira-kira berdiameter 1/2 cm lebih dan berwarna merah kebiruan disekelilingnya.

Jika terapi dengan air garam (1 sendok makan garam dicampur dengan 1 cangkir air matang) selama beberapa hari tidak menghasilkan perubahan dan mucocele sudah membesar dan mengganggu, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter gigi.

loading...

158 Comments

Add a Comment
  1. Pak saya waktu itu kena tinju teman saya di bagian bibir bawah setelah 1 Minggu tiba2 muncul benjolan kenyal,bening seperti kacang hijau yg saya tanyakan apakah itu berbahaya atau tidak dan adakah pengobatan alami nya

  2. Bekas operasi mucocel dibibir bawah menimbulkan bekas tidak ya

  3. Mau tanya pak saya mengalami benjolan di bawah bibir awalnya kecil cuman agak sedikit besar seperti lada lalu di ujungnya ada cairan berwarna putih dan di bawahnya ada cairan berwarna merah seperti darah apakah itu bisa hilang dengan sendirinya atau bahaya min

  4. Pak mau tanya saya mengalami benjolan di bawah bibir awalnya kecil cuman agak sedikit besar seperti lada lalu di ujungnya ada cairan berwarna putih dablm di bawahnya ada cairan kayak darah apakah itu berbahaya min atau bisa hilang sendiri

  5. Mas saya mau tanya , saya juga punya benjolan dibagian lidah dalam sudah 2 kali pecah karna ada rasa asin asin gitu tapi gak kempes kempes..
    Saya kira itu sariawan jadi saya biarkan..
    Sudah sebulan benjolannya masih ada apa harus dibedah juga?

  6. tadi pagi saya ada benjolan mucocele itu tapi sorenya udah pecah dan ada seperti darah di sekitar bekas benjolan itu, setelah saya kumur kumur pakai air bersih darahnya tetap gak hilang kira kira akan membahayakan tidak jika tercampur dengan makanan yg saya makan?

    1. Tidak apa-apa, bibir kita, gusi, pipi atau lidah mungkin pernah terluka dg berbagai sebab hingga keluar darah sedikit, kan kita juga masih makan seperti biasanya. Resikonya mungkin ya terasa nyeri bila tersentuh makanan

  7. Kalau sakit itu apa yaa? Ciri ciri diatas benar semua besar dan tempatnya pun sama,tapi baru dua hari ini. Apa memang awalnya sakit?

    1. Umumnya tidak ada rasa sakit, tetapi ada juga yg bikin rasa sakit meski sangat jarang. Kalau bentuknya bening atau kadang disekitarnya ada kebiru-biruan, berarti isinya cairan dan kemungkinan itu mucocele

  8. mas..mo tany barang kali tau.di mulut saya tepatnya pipi dalam ada benjolan sbesar setengah biji kacang hijau.tpi warnanya merah gelap ke hitaman.tpi tdk sakit.itu mucelele bkn yah..takut penykit yg berbhaya..makasih sblumnya

    1. Warna mucocele memang tidak selalu bening namun ada juga yg merah kebiruan / gelap. Yg jelas ada transparannya meski mungkin tidak begitu jelas. Ciri lainnya adalah tidak sakit meski disentuh dan tersentuh apapun. Bisa kecil dan besar lebih dari 1cm. Meski demikian kita tidak boleh menyepelekan, untuk memastikan kita harus ke dokter gigi. Karena seorang dokterpun harus melihat dan mempelajari secara visual langsung untuk menentukan itu mucocele atau lainnya.
      Kalau sudah jelas itu mucocele maka keputusan ada ditangan kita, apakah langsung dioperasi atau ditunda dulu. Menunda tidak akan menjadikan mucocele menjadi penyakit lain. Hanya mungkin akan menjadi lebih besar atau bahkan akan hilang sendiri.
      Ada juga yg mencoba dengan berkumur-kumur dengan hidrogen peroksida yg dicampur dengan air setiap hari selama beberapa minggu. Larutannya jangan ditelan tapi tahan agar tetap ada dimulut selama 5-10 menit lalu buang. Konon ada yg berhasil mengecil meski tidak hilang sama sekali.
      Jika itu benar-benar mucocele dan tidak besar, bisa anda biarkan saja

  9. Saya umur 29 thn jg kena mucocel bibir bagian bawah dan sudah 4 bulan lebih lamanya rencana lusa mau di oprasi , jadi pertanyaan saya langkah yg harus di tempuh supaya mucocelnya tidak tumbuh lagi apa ya ?

    1. Dari artikel online terbaru yg saya baca, memang ada sebagian kecil orang yg berusia 20an dan 30an masih terkena mucocele, padahal dulu ketika masih remaja mungkin tidak pernah terkena. Saya tidak paham dengan prosedure bedah, dari artikel yg saya baca memang ada prosedure bedah yg beresiko menimbulkan mucocele baru di sekitar tempat mucocele lama yg sudah dibedah. Mudah-mudahan nanti dokternya dapat melakukan yang terbaik. Sementara dari kita sendiri adalah menghindari agar tidak terjadi trauma di mulut kita terutama di bibir bawah, lidah, pipi sebelah dalam dan dinding mulut di bawah lidah. Sebagai contoh memainkan lidah ke gigi, menghisap atau menggigit-gigit bibir bawah dan semacamnya. Namun demikian mungkin ada faktor yg diluar kuasa kita, misalnya tanpa sengaja atau diluar perkiraan kita tiba-tiba kita terbentur di bagian pipi atau bahkan pas di mulut. Tidak ada jaminan memang, tapi tetap berusaha. Saran saya nanti entah sebelum atau sesudah operasi silahkan tanya ke dokternya upaya-upaya agar tidak muncul mucocele baru. Bisa juga ditanyakan kalau mucocele masih tahap awal dan kecil apakah bisa diobati pakai obat tertentu agar tidak sampai dibedah.

  10. Pak saya puya benjolan putih di mulut saya.terus kalo digigit tidak terlalu sakit apa itu kanker.apa itu harus dioperasi.benjolannya sedang.sudah 3 bulan tidak kunjung sembuh.lalu saya harus bagaimna

    1. Kalau disentuh atau dimainkan sama lidah tidak sakit mungkin itu mucocele, warnanya bisa cerah bisa juga merah agak kebiruan, kalau ragu-ragu sebaiknya periksa ke dokter gigi atau puskesmas. Kalau ternyata mucocele dan tidak bikin sampean terganggu atau risih ya dibiarin gak apa-apa. Kalau sudah bikin mulut terasa tidak nyaman meskipun tidak sakit sebaiknya ke dokter untuk penyembuhannya

  11. pak..bagaimana ya cara mengobati benjolan kecil di dalam bibir akibat berbenturan dengan kepala keponakan saya.
    saya sudah coba mengobatinya dengan air hangat dan es batu.. tapi… udah 4 hari belum juga hilang benjolannya,, memang saya kurang cepat mengobatinya pak.. kira kira bagaimana ya cara mengobatinya pak ??? trimakasihh

    1. Kalau benjolnya karena bengkak dibiarin saja nanti lama2 juga kempes sendiri. Kalau benjolnya kayak digambar mungkin itu mucocele dan perlakuannya sama, biarkan saja selama seminggu s/d sebulan. Biasanya mucocele nanti hilang sendiri. Namun ada juga yg bandel, nah kalau gak kempes terpaksa harus ke dokter (dokter gigi dan mulut), karena secara medis tidak ada obat bebas yang diperuntukkan mengobati mucocele, hanya dokter gigi dan mulut saja yang mengtahui cara mengobatinya.

  12. selamat siang.
    saya mau bertanya, namun tidak ada hubungannya dgn mucucele, tp masih ttg mulut dan gigi.
    jd daging pipi saya sangat tebal yg mengakibatkan sering kegigit saat makan atau saat berbicara, yg membuatnya luka dan tidak nyaman, bagaimana ya solusi untuk masalah saya?
    terimakasih.

    1. Sebenarnya saya tidak paham soal itu, apakah ada hubungannya dengan kebiasaan makan atau ada hubungannya dengan bentuk rahang dan geraham anda. Coba aja kalau makan jangan terlalu cepat, kunyah perlahan setiap makanan yg kita suap ke mulut kita. Kebiasaan orang Indonesia adalah mengunyah makanan dg cepat. Hal ini ada hubunganya dengan makahan khas Indonesia yg cenderung pedas. Makanan pedas membuat kita makan seperti sedang balapan. Beda dengan orang Barat yg makanan tradisionalnya tidak pedas. Mereka mengunyah makanan dg tenang dan perlahan. Juga seringkali kita mengunyah makanan sambil bercakap. Nah hal-hal seperti itu mungkin yg perlu kita rubah. Kalau misalnya kebiasaan makan kita sebenarnya sudah perlahan dan hati-hati tetapi masih juga sering tidak sengaja tergigit, mungkin ada baiknya memeriksakan ke dokter gigi untuk mengetahui apakah ada penyebab yg berkaitan dengan bentuk geraham dan rahang kita sehingga pipi bagian dalam sering tergigit

  13. Maaf mas mau nanya.. maksudnya mantri di sini itu apa ya? Apa seperti ahli gigi?
    Tks

    1. Bukan ahli gigi, dulu dikenal dengan sebutan mantri kesehatan sekarang lebih populer dengan sebutan paramedis

  14. Maaf mas mau nanya nanya seputar mukokel..
    Sebelumnya saya belum menyempatkan diri untuk konsultasi ke dokternya langsung (maklum budget). saya mencoba cari tau dulu dari pengalaman orang dan dari pengalaman mas juga.
    Beberapa minggu yang lalu saya sempat sakit gigi, dan ada urungan niat buat cabut gigi di puskesmas bila gigi udah ngk terasa sakit. Berhubung gigi udah ngk sakit, saya pengen nyabut, ya tapi gitu menunda-nunda karna takut. Karna menunda-menunda, kok saya merasa ngk nyaman sama mulut saya, pas saya lihat di kaca, ko ada benjolan pas di sebelah gigi saya sakit sebelumnya, dengan ciri ciri yang mirip dengan artikel yang mas buat. Hanya beda nya warna ngk kebiru biruan dan bentuknya agak memanjang.
    Yang pengen saya tanya..
    Apakah ada kaitannya timbulnya mukokel krn fase dari sembuh sakit gigi?
    lalu biaya untuk periksa dan semacamnya untuk di rumah sakit umum kisaran 2 juta?
    Oh ya maaf mas, kalo untuk konsultasi dokternya aja kisaran berapa ya mas?
    Tks.

    1. Salah satu tempat dimana mucocele bisa muncul adalah gusi, namun saya tidak paham apakah ada kaitannya dengan sakit gigi anda. Penyebab mucocele memang banyak dan secara umum sudah disebut di artikel di atas. Namun demikian untuk sebab-sebab tertentu hanya dokter gigi dan kesehatan mulut yang paham. Untuk itu saya hanya bisa menyarankan untuk periksa ke dokter. Kalau hanya periksa tentunya tidak mahal, apalagi kalau di puskesmas atau rumah sakit umum daerah. Di klinik swastapun saya rasa masih tergolong terjangkau. Yang mahal itu jika misalnya ada obat tertentu yang harganya mahal yang harus kita beli karena penyakit kita. Kalau periksanya sendiri tidaklah mahal. Untuk bedah mucocele biayanya relatif dan berbeda-beda antara dokter / klinik / rumah sakit satu dan lainnya, hal itu bisa ditanyakan langsung ke dokternya, jangan malu-malu bertanya ke dokter, kalau dirasa mahal ya cari dokter / klinik lain, yang penting dari dokternya itu kita sudah dapat kejelasan itu apa dan apakah ada kaitannya dengan sakit gigi anda. Ke dokter puskesmas juga gak apa-apa, sama saja. Hanya saja kalau ke dokter puskesmas kita mungkin gak bisa tanya macam-macam karena pasien lain masih banyak yang antri. Kalau ke dokter praktek / klinik swasta kita bisa mendapat waktu untuk bertanya banyak, untuk itu sebelum ke dokter siapkan dulu beberapa pertanyaan yang ingin anda ketahui

  15. Mau nanya pak,saya bru 3 hari yg lalu ad benjolan di bwah lidah saya. Bntuknya tidak bulat tpi memanjang. Lbih tepatnya lg pipih. Itu ap ya pak? Cra pnyembuhan selain d bedah. Saya tkut d bedah..

    1. Kata ahlinya, bentuk mucocele bervariasi, kebanyakan seperti kubah baik setengah bulat atau berbentuk memanjang, dan ada juga yang flat / datar. Warnanya bisa seperti pada gambar, dan ada juga yg sekitarnya berwarna kebiruan. Ciri yang menonjol adalah tidak terasa sakit, baik disentuh maupun tidak. Cara yang bisa dicoba adalah makan makanan yang berasa asam dan mengunyah permen karet disamping cara yang sudah disebut di artikel maupun di komen. Tapi semuanya sebatas coba-coba tidak dijamin bisa berhasil. Kalau tidak sakit dan tidak mengganggu bisa dibiarkan saja dan ditunggu kalau-kalau nanti bisa kempis sendiri. Kalau terasa sakit atau membesar hingga mengganggu disarankan ke dokter gigi untuk konsultasi

  16. Dokter saya puput Ayu, saya umur 15 th kls 1 smk Ini ,saya punya benjolan kecil dibawah lidah ,awlnya saya bawa kepukesmas ,Terus dikasih obat, lama kelamaan mengecil sih Pak,tp mcul lg,Terus skrng tambah memanjang atau benjolannya makin kebawah, awlnya dipukesmas itu menganjurkan ke rs terdekat kalau tidak mengecil, suruh keruang bedah, saya takut Pak,saya harus berbuat AP ,saya Kshn orng tua saya,harganya juga mahal

    1. Saya bukan dokter lho mbak. Saran saya kalau cuman kecil dan tidak mengganggu dan tidak risih ya dibiarin saja dulu. Siapa tahu nanti bisa pecah atau kempis sendiri. Kalau ternyata setelah beberapa bulan tetap saja atau semakin besar (maksimal sekitar 1cm) berarti memang harus dikeluarkan isinya dengan cara disayat (bedah kecil). Kalau sekarang ini sampean sudah merasa risih dan nggak nyaman coba ke dokter gigi konsultasi apakah masih bisa disembuhkan tanpa operasi (bedah). Kalau terpaksa dibedah sekalian saja tanya biaya operasinya. Kalau dokter swasta mungkin agak mahal, tapi kalau rumah sakit umum milik pemerintah tidak mahal. Keponakan saya waktu dioperasi mucocele dibawah lidah masih SD kelas 4 (tahun 2012), biayanya waktu itu dibawah 2 juta di rumah sakit umum. Kalau mbak Puput punya BPJS mungkin dapat keringanan. Untuk jelasnya lebih baik ditanyakan di rumah sakit yg dirujukkan. Yang perlu diketahui adalah setelah operasi, mucocele itu jelas akan hilang dan sembuh, tetapi tidak berarti anda sudah bebas dari mucocele, bisa saja muncul mucocele yang lain di area lain. Tidak bermaksud menakut-nakuti tapi terkadang memang demikian. Contohnya keponakan saya itu, setelah operasi mucocelenya hilang ternyata kira-kira 6 bulan kemudian muncul mucocele baru di tempat lain seperti yang saya tulis di artikel di atas. Yang kedua ini dibiarkan saja tidak dibawa ke rumah sakit dan alhamdulillah beberapa minggu kemudian bisa pecah sendiri tanpa dioeperasi.
      Semoga tidak bingung membaca jawaban saya ini ya. Jadi intinya,
      1. Kalau mucocelenya kecil dibiarin saja siapa tahu bisa kempis sendiri. Meskipun sampai berbulan-bulan asal tidak sakit dan tidak merasa risih bisa dibiarkan saja (kalau sakit ya harus cepat ke dokter).
      2. Kalau sudah agak besar dan bikin nggak nyaman / risih perlu konsul ke dokter gigi, bisa di klinik swasta atau puskesmas
      3. Kalau tidak bisa diobati dengan obat minum atau lainnya, terpaksa ya harus dibedah. Coba ditanyakan biayanya, kalau dibius lokal biayanya kemungkinan lebih murah dibanding bius total.
      4. Mucocele tidak berbahaya dan tidak terasa sakit, jika ada rasa sakit kemungkinan bukan mucocele dan segera ke dokter

    2. Makasih Pak saranya ,saya akan coba dengan air garam Dulu 3-4 hari kalau belom ad perubahan,saya akan dtng ke RS terdekat

    3. tadi pagi saya ada benjolan mucocele itu tapi sorenya udah pecah dan ada seperti darah di sekitar bekas benjolan itu, setelah saya kumur kumur pakai air bersih darahnya tetap gak hilang kira kira akan membahayakan tidak jika tercampur dengan makanan yg saya makan?

  17. saya udah 1bln mengalami benjolan di bibir bawah bagian dalam,awalnya sya kira sariawan,tp sampe sekarang belum sembuh juga.trimakasih infonya pak

    1. Sama-sama mbak, semoga cepet sembuh, demikian juga dengan yang lainnya. Juga mudah-mudahan kalau sudah sembuh nggak kambuh lagi. Yang penting adalah pastikan itu mucocele dan jika sudah yakin itu mucocele berarti tidak berbahaya. Jika belum juga yakin itu apa, segeralah memeriksakan diri ke dokter

  18. terimakasih bapak atas infonya … nnti sya akan cba beranikan diri pergi konsultasi ke dokter .. salam kenal dari saya Rihanti 16 tahun dri Brebes jawa tengah. jngan bosan jika sya bertanya tanya lagi tntang mucocele ini .. smoga Tuhan slalu melindungi kita semua.

    1. Sebaiknya ke dokter gigi, baik yg praktek swasta, klinik ataupun puskesmas. Tapi kalau dokter puskesmas biasanya gak ada waktu banyak buat tanya-tanya, kalau yang praktek swasta atau di klinik bisa tanya banyak. Jadi siapkan dulu yang ingin ditanyakan biar nanti kalau di ruang praktek dokternya kita punya bahan buat ditanyakan, termasuk kemungkinan apakah bisa diberi obat minum atau obat lainnya dulu supaya tidak sampai dibedah. Kalaupun nanti dibedah, juga bisa tanya-tanya, bedahnya kayak gimana, dll. Sebaiknya ada yang ngantar biar nanti bisa bantu tanya ini itu ke dokternya.
      NB. Kalau mucocelenya di bibir seperti di gambar sebelah kanan, operasinya lebih mudah memang, dulu sebelumnya ada juga misanan keponakan saya itu yang juga ada mucocelenya tapi di bibir. Dia operasinya tidak ke dokter tapi ke mantri kesehatan yang sudah pengalaman bantu dokter melakukan bedah kecil. Jadi bedah mucocele itu beda jauh dengan bedah penyakit dalam

  19. pak .. saya mmpunyai benjolan jga di bwah lidah .. sudah 2 tahun lbih .. tdinya kcil sya kira itu hnya sariawan biasa soalnya ktika pcah dia lama gk mncul lagi . ehh trnya bberapa blan lagi mncul kmbali .. dan sya skarang mmbiarkan bnjolan ini krn sdah trbiasa . krn sya tkut stelah mmbaca internet tntang bnjolan ini kta nya jlan stu stunya hrus di bdah. skarang sya mulai rutin brkumur dngan air garam . lalu ada yg mnyarankan pkai albotil . tpi ttep aja gk ilang ilang .. parahnya skarang mkin mmbesar skitar 1 cm lebih. saya tkut dgan bnjolan ini .. sya jga tkut sma bedah .. sya hrus gmna . skarang kluarga pun gak ada yg tau tnntang bnjolan ini. .. ada cara lain slain di bedah pak ?? tlong infonya

    1. Dari berbagai sumber di internet tentang kesehatan yang pernah saya baca, secara resmi memang menyarankan sama yaitu dibedah. Kalau di forum-forum memang ada yang sharing pengalaman pribadi cara menyembuhkan mucocele ini tapi cara-cara inipun tidak menjamin, artinya ada yang sembuh ada yang tidak tapi kebanyakan tidak. Dari beberapa cara itu ada yang sudah saya tulis di atas. Yang dimaksud dibedah disini tidak sama dengan bedah besar untuk menangani penyakit dalam seperti misalnya operasi usus buntu dll. Bedah mucocele hanyalah sayatan kecil untuk mengeluarkan isinya yang berupa cairan ludah yang kental. Biusnya lokal, mungkin sedikit sakit pada waktu dibius itu, setelah itu ya tidak. Nanti setelah dibedah disarankan kumur-kumur dengan obat kumur semacam betadine sampai lukanya sembuh. Jadi sebaiknya ke dokter gigi aja dulu untuk memeriksakan, mungkin dokternya pertama akan memberi obat oral (diminum) dulu untuk mencoba menyembuhkannya. Kalau setelah itu tidak bisa barulah mungkin dokter akan menyarankan atau mengkonsulkan ke dokter gigi spesialis bedah mulut. Keponakan saya waktu dibedah usianya 12 tahun, di rumah sakit umum daerah, waktu itu biayanya sekitar satu jutaan, nggak tahu sekarang berapa. Semoga saja anda segera mendapat solusinya

  20. Permisi min saya ini ada benjolan di bawah bibir tapi tidak bisa di pecahkan soalnya di dlm bibirnya seperti daging , emang sih tdk mengganggu tapi apa ini berbahaya , saya takutnya tumor atau kista

    1. Disarankan untuk tidak berusaha memecahkan dan mengeluarkan sendiri isinya dengan sesuatu alatpun. Kalau toh pecah sendiri ya tidak apa-apa. Dan untuk memastikan itu mucocele atau bukan sebaiknya ya harus ke dokter langsung kecuali kita sudah yakin dan pernah tahu soal mucocele. Meskipun di internet banyak kita dapati forum tanya jawab yang diasuh dokter sekalipun, untuk memastikan keluhan kita sebaiknya kita perlu memeriksakan diri ke dokter karena dengan demikian dokter akan bisa secara langsung memeriksa secara visual. Dengan pengalaman seorang dokter maka dokter akan bisa segera menentukan apakah itu berbahaya atau tidak. Lebih baik kita secara dini mengetahui daripada terlambat. Bisa ke dokter atau klinik. Untuk mucocele atau yang berkaitan dengan mulut bisa ke dokter gigi.

  21. Bisa minta email nya…
    Saya ingin menanyakain tentang artiker ini lebih dalam..

    1. Sebaiknya kita memperbincangkannya di sini agar langsung bisa share dengan yang lain karena banyak sekali yang mengulang pertanyaan yang sama. Dan yang perlu diketahui adalah saya bukan ahlinya soal ini, hanya kebetulan pernah salah satu anggota keluarga yang mengalami, sedangkan pengetahuan saya peroleh dari googling

  22. Anak saya 7thn-an menderita penyakit mucocele tepat dibibir dalam bawah.sempat periksa skaligus minum obat yg di kasih dokternya,eh selama minum obat tersebut mulai mengempis,tp stlh obatnya habis,benjolannya mulai lagi muncul.nama obatnya cefixime.apakah anak saya boleh lanjut mengkomsumsi obat cefixime ini?smpai benar2 hilang benjolannya…

    1. Saya tidak paham dengan obat-obatan, info dari internet cefixime adalah obat dari jenis antibiotik, karena itu harus dengan resep dan arahan dokter. Sebaiknya kontrol lagi ke dokternya dan sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi antibiotik tanpa arahan dokter. Sepanjang itu mucocele tidak perlu khawatir, hanya saja mungkin si anak akan merasa tidak nyaman bila mucocelenya mulai membesar

  23. Mas kalau ada benjolan dikit bekas jatuh gimana ya solusinya thanks jawabannya

    1. Tidak ada cara sendiri yang efektif, semua cara adalah coba-coba. Dibiarin dulu 2 – 4 minggu kalau nggak kempis sendiri bisa konsul ke dokter gigi atau tetap dibiarkan selama itu tidak mengganggu. Ada kok cuman kecil dicuekin sampai berbulan-bulan. Tapi kalau risih dan serasa nggak nyaman ya harus ke dokter gigi. Sebenarnya mantri kesehatan yang punya pengalaman bedah kecil bisa melakukannya, ini berdasarkan pengalaman salah satu famili ketika dia masih remaja, tidak ke dokter tapi ke mantri kesehatan dan kebetulan mucocelenya ada di bibir

  24. Kebetulan sekarang, baru dua hari ini mengalami mucocele dan bru pertma kalinya,q takut banget takutny gejala kanker mulut atau apalah, baru q tangani dengan albotyl tp blm pecah, trus kok jd ny tmbh besar dibnding kemarin, bgmn yah? Sy benar2 takut

    1. Mucocele nggak ada hubungannya dg kanker. Tidak sakit meskipun disentuh. Dalamnya berisi ludah kental, kalau isinya bertambah nanti ya bertambah besar. Kalau terus membesar bisa pecah sendiri. Tapi kalau kulit ari bibir yang membungkus mucocelenya kuat ya nggak bisa pecah sendiri, maka harus disayat sedikit dikeluarkan isinya kemudian dijahit agar menutup lagi. Dan itu harus dilakukan oleh dokter atau paramedis (mantri) yang sudah pengalaman. Kalau nggak merasa terganggu bisa dibiarin saja, tapi kalau bikin nggak nyaman sebaiknya ke dokter gigi, siapa tahu dokternya punya solusi.

  25. klau pkai air gram ttp pecah kn

    1. Kalau pakai air garam katanya mengecil, tidak pecah. Tetapi cara tsb tidak selalu berhasil, hanya salah satu upaya saja.

  26. Saya menderita benjolan juga sprti itu umur sya 13th udah sktar 4blnan sy takut klo di operasi / bedah ada ga sih obat tradisional lain? Tolong sekali di bantu

    1. Operasinya bukan operasi besar, cuman disayat kecil, dikeluarin isinya, kemudian dijahit sedikit. Pakai bius lokal. Supaya lebih jelas lebih baik konsultasi ke dokter gigi supaya nggak takut. Tidak ada obat tradisional atau obat telan / oles untuk menyembuhkan. Kalau ada yang bisa sembuh mungkin kebetulan saja, tidak menjamin. Meski begitu tidak ada salahnya juga mencoba dan meniru pengalaman orang lain asalkan JANGAN BERUSAHA MEMECAHKAN SENDIRI DENGAN BENDA TAJAM / LANCIP, berbahaya jika tidak steril. Kalau benjolnya kecil bisa dicuekin, siapa tahu nanti bisa pecah sendiri. Kalau sudah besar dan bikin risih / nggak enak ya terpaksa harus dibedah. Jangan takut bedahnya jauh lebih kecil daripada anak laki-laki disunat, cuman ini di mulut

  27. Mau sharing aja pak.
    Baru-baru ini sekitar 2-3 kali saya pernah punya mucocele tapi selalu pecah sendiri. Tapi yang terakhir entah kenapa saya gigiti terus hingga tidak pecah-pecah selama 2 minggu dan malah seperti mengeras meskipun kalau disentuh agak kenyal. Saya yang kawatir jika benjolan itu akan jadi permanen kadang saya penceti hingga sekitar benjolan itu terasa nyeri dan memerah seperti ada darah tapi nggak bisa keluar. Akhirnya teman saya nyaranin pakai obat Albothyl. Beberapa kali saya tempelkan Albothylnya pake cotton bud & kapas ke benjolan itu hingga sekitar benjolannya berwarna putih. Dan utungnya benjolan itu mengecil dan hampir menghilang sekarang. Saya bukan promosi Albotyl lho, hehehe, saya cuma nyaranin mungkin yang punya kasus sama seperti saya bisa nyoba pakai Albothyl buat ngilangin mucocelenya tanpa operasi…

    1. Terima kasih sharingnya, semoga bermanfaat bagi pembaca lainnya

    2. Beneran bisa pake albothyl? Soalnya sy juga menderita mukokel dibawah lidah udah hampir 1 tahun..

    3. @RUT bisa dicoba tapi tidak menjamin

  28. Ank saya baru brumur 3 tahun.. ada bnjolan persis pada gambar di atas di bbir bagian bawah.. 2minggu yg lalu saya kira ya mungkin tergigit namun pagi ini ada lagi di gusi bagian atas.. sebelum k dokter atau bedah kalau untuk obat tradisinal ank 3 tahun apa ya dok ???

    1. Lha saya bukan dokter lho bu kok dipanggil dok, saya kan admin biasanya dipanggilnya min :)
      Kalau mucocele dalamnya kan isinya ludah yang sudah mengental bu, kalau ludahnya bertambah maka nanti jadi tambah besar. Seperti balon semakin banyak diisi air akan semakin besar dan kalau balonnya tipis lama-lama bisa pecah, kalau balonnya tebal sulit pecah. Kira-kira seperti itu gambarannya, sehingga mucocele yang tidak pecah sendiri dokter akan menyarankan untuk dibedah (dirobek / disayat dan dikeluarkan isinya hingga bersih). Coba ibu jangan ke dokter bedah tapi ke dokter gigi dan mulut, siapa tahu ada cara alternatif selain bedah mengingat masih usia 3 tahun. Setahu saya belum ada obat tradisional untuk mucocele. Mucocele tidak sakit dan tidak berbahaya. Meski demikian agar ibu bisa mendapat informasi yang tepat dan pasti sebaiknya ke dokter gigi. Kalau memang benar mucocele dan anak tidak merasa terganggu dengan mucocele itu, bisa ditanyakan juga ke dokternya apakah ada obat oral (telan) untuk menyembuhkannya atau jika tidak ada apakah tidak apa-apa bila dibiarkan saja.

  29. Gustien baru saja ada jendolan di bibir kiri bawahh. Baru sebentar aja uda gak PD kali..
    Gmna ya yaaaa cara menghilangkan dengan cepat benjolan ituuu :'(

    1. Dibiarin dulu sebulan dua bulan, kalau nggak sembuh sendiri atau sudah nggak tahan risihnya sebaiknya ya ke dokter (gigi dan kesehatan mulut)

  30. Selamat pg pak, da benjolan kecil dibibir bawah saya, dan ini sudah berlangsung kira2 3 bulanan, saya sudah konsultasi dengan dokter bedah katanya ni adalah mucocele dan saya dianjurkan untuk melakukan bedah tapi saya masih trauma opersi karna saya habis opersi tumor jinak dikaki, saya mau tanya ada gak obat tradisional untuk mengobati mucocele ini,?

    1. Saat ini satu-satunya cara untuk menangani mucocele secara efektif dan cepat adalah bedah. Bedahnya sebenarnya bedah kecil saja. Kalau masih belum mengganggu dan anda tidak merasa risih saat berbicara atau saat makan, bisa ditunda dulu bedahnya sambil berusaha mengatasi rasa trauma anda

  31. mucocele bisa sembuh dgn sendirinya gak?

    1. Kebanyakan sembuh sendiri

  32. aty
    assalamualaikum sy mau tanya saya mengalami hal yg sm ky d gambar tp ini d bagian dalam pipi kiri warnya merah awaly kecil tapi selang beberapa bulan makin besar dan tidak terasa sakit apa”
    apa itu berbahaya mohon sarany mksh..

    1. Wa’alaikumsalam, mucocele memang bisa muncul di pipi sebelah dalam. Kalau terlihat seperti berisi air, warnanya pink atau merah bening dan tidak ada keluhan nyeri disekitarnya berarti insya Allah itu mucocele, dan karena itu insya Allah tidak berbahaya. Kalau untuk memastikannya tentu saja harus periksa ke dokter

  33. Selamat pagi pak, saya Alfian umur 24th.. 2 minggu lalu saya terkena mucocele di bagian pipi dalam krna gk sengaja tergigit.. namun satu minggu kemudian tanpa saya sadari menjadi sariawan berwarna putih dan di tengah terdapat lubang kecil.. selama sariawan juga saya merasakan vertigo ringan.. apakah hal tersebut berbahaya? tolong sarannya, terima kasih

    1. Kalau mucocele sama sariawan secara umum tidak berbahaya dan kebanyakan akan sembuh dengan sendiri, kecuali ada beberapa kasus seperti yang telah disebut di artikel di atas. Kalau vertigo terus terang saya tidak paham. Vertigo penyebabnya macam-macam. Saya pernah mengalami dua kali, yang pertama saya biarkan saja hingga akhirnya sembuh sendiri setelah beberapa minggu. Setelah hampir satu tahun ternyata kambuh lagi dan setelah satu bulan tidak sembuh-sembuh barulah waktu itu saya berobat. Setelah dua kali menebus resep dokter (dua kali ke poli syaraf plus dirujuk ke poli mata dan tht) vertigo saya hilang sampai sekarang (sudah 12 tahun lebih). Coba anda buat istirahat yang cukup, kurangi nonton tv atau menatap layar monitor lama-lama. Jika vertigo masih ada sebaiknya ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapat pengobatan yang tepat.

  34. mau tanya. saya juga mempunyai mucocele yang tumbuh setiap dua minggu rutin. dan letaknya juga hanya disitu situ aja gak berubah. mucocele nya mengeluarkan darah bukan lendir ludah. apakah ada cara mucocele tidak tumbuh lagi? ataukah sudah permanen numbuh rutin?

    1. Secara umum kelak jika sudah usia di atas 18-20 tahun mucocele akan berkurang atau berhenti. Hanya dokter yang tahu kenapa. Namun demikian ada juga beberapa kasus dimana di atas usia tersebut masih mendapat mucocele, tapi sangat jarang terjadi.
      Ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter gigi atau ke klinik atau puskesmas untuk mengetahui lebih jelas kenapa mengeluarkan darah. Juga untuk menanyakan bagaimana cara mencegah agar tidak muncul lagi. Siapa tahu akan mendapat petunjuk yang berguna. Jika akan periksa ke dokter sebaiknya sebelumnya sudah menyiapkan catatan beberapa pertanyaan yang ingin diketahui sebanyak-banyaknya agar sepulangnya kita mendapat bekal pengetahuan dan cara penanganan mucocele dengan benar

  35. Selamat malam pak, saya mau tanya apakah berbahaya ya kalau ada benjolan kecil di lidah bagian samping dalam dekat gusi bagian dalam, benjolan ukuran kacang hijau, dan warnanya putih hehe terimaksih sebelumnya pak.

    1. Untuk menentukan apakah suatu benjolan bahaya atau tidak tentu kita harus ke dokter. Sedangkan khusus mucocele dalam banyak kasus memang tidak berbahaya. Coba anda cocokkan apakah ciri-cirinya sama dengan mucocele yang ditulis di atas. Baca juga komen-komen yang sudah dimuat. Juga coba cari referensi mucocele di website lainnya agar infonya lengkap. Jika ciri-cirinya sama dengan mucocele anda tidak perlu kuatir atau cemas. Tapi kalau lama nggak sembuh-sembuh, sudah besar bikin nggak enak di mulut ya harus ke dokter gigi. Tidak perlu takut.

  36. Slmt mlm, aku punya masalah yg sama
    Aku punya benjolan dari SD smpe skrg SMP, benjolannya sama seperti gambar diatas sebelah kanan. Itu semua berawal krna aku sariawan. Krna dlu aku gatal gara gra sariawan itu, aku suka gigitin pinggirannya. Smpe sariawan aku hilang aku malah jdi hobby gtu gigitinnya, ehh keterusan smpe skrg
    Jujur aku kurang PD, semua cara udh aku lakuin. Aku blm berani ke dokter, soalnya aku blm punya biaya yg cukup. Kira kira harga operasi berapa ya? Selain cara yg diatas, ada ngga cara lain?
    Tolong direspon ya, mksh

    1. Saya tidak tahu sekarang biayanya berapa. Tergantung daerahnya mungkin, kalau Jakarta mungkin lebih mahal. Juga kalau di swasta juga lebih mahal dari rumah sakit pemerintah. Kalau punya kartu BPJS mungkin memperingan biayanya. Dulu tahun 2012 itu keponakan saya dioperasi di rumah sakit umum dan karena kamar operasinya antri maka disuruh dokternya nginap semalam, sebenarnya operasinya sebentar saja. Saya lupa biayanya, kira-kira antara 1,3 juta – 1,5 juta. Tapi seperti saya bilang di balasan komen terdahulu ada kakak sepupu keponakan saya itu yang juga ada mucocele di bibir bawah sebelah dalam tapi dioperasinya sama mantri bukan dokter, waktu itu kalau nggak salah tahun 2011, biayanya cuma sekitar 300 ribu, sayangnya pas keponakan saya mau operasi kakak sepupunya nggak tahu jadi nggak bilang kalau ada mantri yang bisa menangani mucocele itu.
      Sebenarnya di internet ada juga yang mencoba dengan cara lain, ada yang pakai tawas ada yang pakai minyak castor. Ada yang ngaku bisa sembuh tapi ya ada yang tidak. Saaya sendiri tidak paham gimana caranya dan karenanya tidak berani merekomendasikan di sini. Lebih amannya kalau cara pakai air garam gak bisa ya ke dokter saja. Dalam hal ini dokter gigi dan mulut

    2. Anak sy baru melakukan pengangkatan mucocel d rs hermina biaya 1.2jt blm obat bius dan dokter tindakan ckp d ruang dokter saja dan memakan wkt 30mnt agak lama krn anak sy bnyk bergerak.

    3. Terima kasih sudah sharing bu

  37. Selamat malam, saya mau nanya. Saat SD saya punya benjolan seperti gambar yg kanan, sedikit keunguan dan sedikit sakit. Sptnya itu karna sering menggigiti bibir bawah. Karna gemas akhirnya saya pecahkan sendiri, selain keluar cairan juga keluar darah. Skg saya sma, benjolannya memang sdh hilang, tp sekarang jatuhnya spt sariawan biasa berwarna putih dan ada lubang kecil seperti bentol hbs dientup semut. Itu kenapa ya pak? Apa gak apa-apa? Atau saya perlu ke dokter?

    1. Maaf saya tidak berani dan tidak berkompeten untuk menentukan itu apa dan kenapa. Kalau habis tergigit mungkin itu memang sariawan. Biasanya warnanya putih kekuningan dan rasanya lumayan nyeri apalagi kalau kesenggol makanan. Sebelum ke dokter dicoba dulu diberi obat sariawan dibantu dengan mengkonsumsi (jus) buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C, kemudian ditunggu hasilnya dalam beberapa hari. Kesembuhan sariawan juga bervariasi menurut pengalaman pribadi, ada yang singkat ada juga yang lama banget hingga lebih dari dua minggu. Tapi kalau mbak merasa was-was dan kurang nyaman, bisa juga langsung diperiksakan ke puskesmas atau dokter gigi di klinik lainnya

  38. Umur anak saya 10 thn .ada benjolan air dibibir bawah .kira kira 2bln lalu bejolan tersebut dah pecah lalu muncul lagi .dah periksa ke puskesmas cuma dikasih obat warna biru .sampai skrang masih ada .tolong minta saran .sblmya sy ucapkantrimakasih

    1. Kalau tidak ada keluhan, baik keluhan merasa sakit atau merasa terganggu dengan adanya benjolan mucocele itu berarti tidak ada yang perlu dikuatirkan bu. Ditunggu saja siapa tahu nanti juga bisa hilang sendiri seperti yang sebelumnya. Barulah kalau mucocelenya sudah besar dan sudah sangat mengganggu bisa dibawa ke dokter. Kalau anak ibu punya kebiasaan menggigit-gigit bibir atau menghisap bibir diberitahu agar menghentikan kebiasaannya. Kalau tidak berarti ada sebab lain, entah nggak sengaja tergigit waktu makan atau pas bermain kebentur sesuatu. Misalnya saja kena lempar bola pas di bagian pipi juga bisa menimbulkan mucocele bagi sebagian anak.
      Terima kasih kembali

  39. info sangat bemanfaat bagi saya. adek saya umur 10 th ada benjolan dibibir bawah udah berjalan selama 3 bulan saya mau sarankan untuk terapi air garam dulu kalau tak ada hasil saya bawa ke dokter. lebih baik tanganin sendiri dulu apa langsung dibawa ke dokter?

    1. Tidak ada salahnya dicoba dulu, jika 3-5 hari tidak ada perubahan barulah adeknya diantar ke dokter

  40. halo pak. mau tanya, saya ada mucocel di bibir kanan bag dalam. jika bicara agak keliatan sedikit benjolanny. yang mau saya tanyakan, apakah setelah dioperasi struktur/morfologi bibir saya yang kanan dan kiri akan berbeda (seperti bibir sumbing)? apakah bekasnya bisa hilang atau tidak? terimakasih

    1. Konon kalau mucocelenya besar akan meninggalkan sedikit bekas. Tentunya tidak akan seperti kalau habis operasi bibir sumbing. Kalau yang di lidah keponakan saya seperti pada gambar itu tidak meninggakan bekas. Untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan ke dokter saat konsultasi. Terima kasih juga

  41. Saya beberapa hari ini mengalami benjolan tersebut, tetapi jika disentuh benjolan tersebut sakit, gimana caranya menyembuhkannya?
    Terima kasih sebelumnya

    1. Sampai saat ini yang saya tahu satu-satunya cara menyembuhkan mucocele hanya melalui bedah. Ada memang beberapa orang di internet yang mengaku sembuh setelah melakukan upaya penyembuhan sendiri antara lain dengan berkumur air garam 3-6 kali sehari, setiap berkumur lamanya beberapa menit, tetapi kenyataannya banyak juga yang tidak sembuh. Kalau mau, dicoba saja dulu terapi air garamnya, setelah 3-4 hari coba diamati apakah ada perubahan, kalau ada perubahan mengecil bisa diteruskan sampai beberapa hari lagi, kalau ternyata tetap saja berarti tidak bisa. Saran saya jika sampai beberapa hari ke depan kalau disentuh masih sakit segera saja ke dokter gigi karena mucocele itu kebanyakan tidak sakit. Terima kasih

  42. Selamat sore..saya mau tanya dong. Umur saya 21.sebulan ini muncul benjolan bening seperti ciri2 keponakan bpk di bagian bibir bawah. Beberapa kali pecah dgn sendiri dam keluar semacam lendir tpi bbrapa hari kemudian benjolan nya muncul lagi.pecah dan muncul lagi begitu seterusnya..itu berbahaya gak ya? Trimkasih

    1. Mucocele konon umumnya terjadi pada usia dibawah 20, tapi bisa juga terjadi di usia di atas 30 tahun meski jarang. Kayaknya ciri-cirinya memang seperti mucocele. Insya Allah tidak berbahaya mbak. Beruntung bisa hilang sendiri, berarti kelenjar ludah yang tersumbat dangkal dipermukaan sehingga tipis, kalau lebih dalam pembungkusnya relatif tebal dan bisa berlangsung lama dan membesar dan butuh penanganan medis. Kalau punya kebiasaan menggigit-gigit atau menghisap bibir coba dihilangkan. Kalau tidak punya kebiasaan itu berarti ada sebab lain

  43. Saya mau nanyain saya ngalmin benjolan saat ini di bibir bawah bagian dalam sebelah kiri.kalau gk salah dulu awalany ke gigit.sekarang udah membesar.sebesar kuku jempol.saya alami benjolan itu kurang lebih 2 tahun.tp gk kerasa sakit.saya mau nanyai itu penyakit spa?.
    Trus gmana cara ngibatinya?
    Trus gmana kalau saya pecahin sndiri apakah ada epek sampingnya?
    Terima kasih.

    1. Maaf baru bisa menjawab. Kalau bentuknya seperti agak transparan dan kalau disentuh tangan atau lidah tidak sakit kemungkinan memang mucocele. Jangan pernah mencoba mecahin sendiri, karena kalau sudah 2 tahun tidak pecah berarti kulit yang membungkusnya tebal, kalau dirobek sama saja kita merobek kulit kita dibagian tubuh lain, bisa menimbulkan rasa sakit dan bisa terjadi infeksi kalau yang buat merobek tidak steril. Jadi lebih baik ke dokter. Jangat takut kalau kemudian harus dioperasi karena operasinya cuma operasi ringan. Yang penting harus ditangani orang yang ahli agar tuntas dan tidak menimbulkan masalah baru. Apalagi letaknya di mulut, pintu masuk makanan ke dalam tubuh kita

  44. Slmt mlm,mau nanya bibir bawah saya sariawan awalnya kegigit pas mkn trus sariawan sampai beberapa hari gak sembuh trus saya pakai obat sariawan tp malah ada benjolan di sekitar sariawannya trus benjolan itu pecah dan keluar lendir dan itu bikin gk nyaman banget,mohon di bantu ya

    1. Menurut saya yang menyebabkan ada benjolannya bukan obat sariawannya, mungkin ya karena tergigit itu. Dan kalau benjolannya sudah pecah keluar lendirnya berarti ya sudah selesai masalahnya. Lendir itu cuman cairan ludah saja jadi tidak usah kuatir. Kalau pecahnya tidak ada darah ya sudah diludahkan saja selesai. Kalau ada darahnya kalau bisa berkumur dengan obat kumur macam listerine atau betadine, kalau nggak ada ya berkumur pakai air biasa. Kalau sariawannya belum sembuh ya diterusin obatnya

  45. Slmt malam. Saya mengalami hal yg sama yaitu benjolan di bibir bawah yg tdk sakit, sdh jalan 2 bulan namun kemarin saat makan tdk sengaja tergigit dan rasanya sakit sekali, ternyata benjolan tsb pecah menyebabkan benjolan tsb agak kempes dari sebelumnya namun hasil pecahan tadi tdk keluar dari bibir karna lapisan yg melapisi benjolan tsb agak tebal, menurut bpk apakah pecahan benjolan ini harus dioperasi atau ada obat yg bisa menghilangkan hasil pecahan tsb? Trims

    1. Saya tidak mengerti yang dimaksud dengan hasil pecahan. Kalau agak kempis berarti ada cairan lendir yang sudah keluar dan kalau masih ada mbenjolnya berarti juga masih ada cairan lendir yang tinggal. Sakitnya itu mungkin ya bagaimanapun kulit kalau tergigit pasti sakit nanti juga hilang. Kalau tergigitnya keluar darah makannya dihentikan dulu kemudian berkumur, kalau ada pakai obat kumur antiseptic macam listerine atau betadine. Yang jelas mucocele tidak ada obatnya. Ditunggu dan dilihat saja perkembangannya, kalau tetap kecil dan tidak mengganggu ya biarin saja, kalau merasa nggak enak karena ada yang ngganjel atau makan jadi nggak nyaman ya mau tidak mau harus operasi. Operasinya operasi kecil saja kok, mantri juga bisa melakukannya. Tapi untuk memastikan dianjurkan konsultasi ke dokter gigi

  46. Di bibir bawah saya ada benjolan tp bewarna putih, itu murcocele bukan ya?

    1. Secara umum warnanya pink bening seperti warna sekitar di dalam mulut, besarnya beberapa milimeter hingga sekitar 1 – 2 cm dan TIDAK SAKIT baik disentuh maupun tidak. Kadang ada warna keunguan / kebiruan disekitarnya. Untuk jelasnya tentunya harus periksa ke dokter

  47. Pqk saya ,juga mengalami benjolan di sekitar dalam mulut,seperti sariawan berwarna kemerahan,tadinyA tergigit waktu makan,sudah semua obat saya pake,namun blum ada reaksinya,malah warnanya semakin merah darah gto,pak apa obatnya y,krna da hampir 1 bulan ,dan sangat mengganggu.sblumnya terimaksih.

    1. Kalau sariawan ada rasa nyeri dan kalau kena senggol makanan atau lidah tambah nyeri gitu kan biasanya, maka obatnya ya obat sariawan, kesembuhannya relatif, bisa cepat bisa agak lama juga. Nah kalau mucocele meski kesenggol tidak terasa sakit. Kebanyakan bisa sembuh sendiri, tapi ada juga yang bandel seperti yang sudah ditulis diatas. Obatnya nggak ada karena yang ada di dalam benjolan itu adalah cairan ludah yang diam disitu nggak bisa keluar. Kalau cairannya tambah banyak maka benjolannya juga makin besar. Kalau kulit benjolannya tipis mungkin bisa pecah sendiri. Kalau kulitnya pas kuat maka bisa lama sekali nggak pecah-pecah. Apakah kalau lama dibiarkan nanti bisa berbahaya? Kata para dokter ahlinya TIDAK. Tapi bisa cukup mengganggu seperti punya mbak itu mungkin. Solusinya kalau sudah sangat mengganggu ya harus ke dokter yaitu dokter gigi dan kesehatan mulut. Nanti dokter yang bisa memberi saran bagaimana sebaiknya. Obat untuk mengempeskan tidak ada jadi mungkin ya harus dibedah atau dioperasi. Tidak usah takut, operasinya operasi kecil saja, kan cuma ngeluarin cairannya itu, biusnya juga lokal. Ada famili saya juga (sepupu dari keponakan saya yang saya ceritakan di atas, jadi beda orang lagi) dulu waktu masih remaja juga ada mucocele di bibir, dioperasi juga tapi yang operasi bukan dokter melainkan seorang mantri kesehatan dan kebetulan tidak pernah kambuh lagi. Jadi kalau harus operasi, operasinya operasi kecil. Dengan catatan itu betul mucocele lho ya

  48. pak, aku mau nnyak, aku udh 2 bulan benjolan dibibir, kemaren sempat operasi juga tapi sekarang numbuh lagi? penyebabnya itu apa??

    1. Kan sudah ditulis di atas mbak, intinya saluran ludah dari kelenjar ludah ke mulut rusak atau tersumbat karena trauma, misalnya tergigit atau karena suka gigit-gigit bibir, mainin lidah ke gigi, kena benturan di bibir atau di pipi misal karena kena bola di muka pas main bola, bahkan menghisap bibirpun juga bisa

  49. Pak aku mau nanya, aku juga ada benjolan kayak gitu di bibir bgian bawah. Udah lama bgt, sakinglamanya aku lupa udah berapa lama benjolan ini ada di bibir aku. Dulu seingat aku benjolannya gak terlalu besar, warnanya hampir menyamai bibir tapi agak gelap, dan kalau dipegang/dipencet gak terasa sakit. Jadi saya pikir cuma sariawan jd dibiarin… udah agak sebulanan setelah itu gak sengaja benjolan itu kegigit. Karena aku emàng agak suka gigitin bibirbawah aku. Pas ke gigit itu keluar lendir sama ada darah juga sedikit. Benjolannya gak kempes cuma sedikit mengecil. Saya pikir paling sebentar lagi hilang, tapi taunya sekarang malah mengeras dan sakit. Itu penanggulannya gimana ya pak? Saya takut kalau di operasi. Itu termasuk mucocele apa tidak? Ohya, umur saya 14 tahun

    1. Kalau sampai beberapa hari sakitnya nggak mereda, sebaiknya segera ke dokter (dokter gigi dan kesehatan mulut) untuk memastikan sakitnya ada kaitannya dengan benjolannya atau sakitnya karena kegigit. Kalau memang benar cuma mucocele, berarti tidak berbahaya. Meski demikian kalau sudah besar dan tidak pecah / mengempis dalam jangka waktu lama akan menimbulkan rasa nggak enak atau mengganggu. Bicara jadi terganggu, makan juga nggak nyaman. Kalau misal dioperasi, operasinya juga operasi kecil saja, apalagi kalau di bibir bawah operasinya nggak ribet dan cuman sebentar saja.

  50. Malem min, mau sharing + tanya aja ni. Saya punya benjolan sekitar 1cm lebih awalnya ga sakit, pas sudah besar sakit. saya ke puskesmas di dianogsa kena t. Mucocel dan di rujuk k rs fatmawati dan di operasi dgn bius lokal . 1 minggu setelah operasi numbuh lg tp pecah sendiri mau control di fikir da pecah ini tp dlm sebulan tumbuh pecah sampe 3x. Pas control keadaan sedang kempes tp rasa ngilu ada sampe k leher. Kata dokter dsruh plng dulu kalo numbuh lg bru control. Tp rasa ngilunya da ga kuat. Itu gmn tuh min??

    1. Pada beberpa kasus konon pasca operasi bisa meningkatkan resiko muncul lagi mucocele baru. Tapi saya belum tahu kalau sampai bisa menimbulkan rasa ngilu. Apakah anda sudah menanyakan soal ngilu itu ke dokternya. Saat anda menyakan ke dokter jelaskan / gambarkan rasa ngilu itu, daerah yang terasa ngilu, sejak kapan ngilu itu muncul, apakah ngilunya sepanjang hari atau saat tertentu. Juga bisa ditanyakan apakah ada obat atau tindakan untuk menghilangkan atau meredakan rasa ngilu itu. Intinya yang perlu diketahui dan ditanyakan adalah apakah ngilunya ada hubungannya dengan mucocele, atau karena ada efek samping pasca operasi atau mungkin sebab lain. Juga dianjurkan untuk berkumur dengan obat kumur jika ada mucocele yang pecah sendiri, sekedar untuk menjaga agar luka tersebut steril dan cepat menutup. Meski begitu jika tidak berkumur juga tidak apa-apa.
      Hanya itu yang bisa saya sampaikan, dalam hal ini tentunya dokter yang lebih tahu dan berkompeten. Kalau sudah nggak tahan tentunya segera konsultasi dengan dokternya meski belum ada mucocele baru yang muncul. Minimal minta saran pengobatan untuk rasa ngilunya itu. Terima kasih atas sharingnya, semoga cepet sembuh dan mudah-mudahan nantinya tidak muncul lagi mucocele baru

    2. Sempat dianogsa terakhir menjadi ranula. Tapi saat control terakhir memang ada benjolan tapi di dalam bagian sebelah kiri bekas oprasi

    3. Ranula dan mucocele relatif sama, bedanya ranula ada di dasar mulut dan lebih besar dari mucocele, sehingga lebih terasa tidak nyaman bagi penderitanya. Tidak ada jalan lain anda sebaiknya terus berkonsultasi dengan dokter. Jika anda ragu-ragu atau tidak puas dengan keterangan dokter, anda bisa periksa ke dokter lain, dalam hal ini dokter gigi dan kesehatan mulut, untuk membandingkan. Untuk itu harus anda tunjukkan hasil operasi dan diagnosa dari dokter sebelumnya agar dipelajari dokter tersebut. Coba juga anda googling soal ranula di situs / blog yang diasuh dokter sekalian and ebrtanya di situs / blog tersebut agar mendapat jawaban langsung dari yang berkompeten

  51. Ktnya yg kena usia 10-18th. Tp ibu saya umur 38th. Kena pnyakit ini
    Dan bsok mw d operasi. Pertanyaannya gmana ya stlah operasi nnti apakah akan timbul lg apa tidak. Bgaimana pnggulangannya

    1. Coba mbak Fitri baca lagi komen-komen terdahulu (klik link ‘Sebelumnya’ atau nomor ‘1’ yang ada di atas). Pokoknya kalau itu memang mucocele nggak perlu panik karena tidak berbahaya

  52. Slmt mlm , sy mau tny ,sy jg mengalami hal yg sama persis seperti gmbar yg diatas ,tepat di bawah lidah .. Sdh sekitar 6 – 7bln sy mengalaminy, kdg kempes dan kdg membesar lg, sy heran kalau makan makanan yg panas dia membesar dgn sndri ny, bhkn bs mncpai 1cm. 1bln lalu pernah hilang, sy makan ice cream dan iseng2 taruh di benjolan itu, dan tb2 kempes, sprti keluar cairan lendir..besok nya sdh hilang tdk ad benjolan.. Tp 2mgg kemudian muncul lg dan sama besar nya skitar 1cm berbentuk sprti butiran beras.. Apa kah ini berbhya? Bisa disembuhkn / tdk ? Teman n keluarga menyarankan untuk di operasi tp sy takutny benjolan ini muncul lg. tlong saran nya.. Makasih

    1. Kalau sudah bisa kempes sendiri berarti tidak perlu operasi. Meskipun operasinya cuma operasi ringan dan biayanya juga relatip murah, tapi tidak akan bisa mencegah nanti akan timbul lagi mucocele yang baru. Tiap orang kasusnya berbeda. Ada yang tidak pernah mendapat mucocele, ada yang pernah sekali dua kali, ada yang berkali-kali. Kelak kalau usia sudah 18 ke atas, insya Allah mucocele tidak muncul lagi. Ada yang masih muncul tapi kasusnya sangat jarang.
      Mucocele memang isinya cairan doang dan tidak terasa sakit baik saat disentuh maupun saat pecah

  53. baru seminggu yang lalu udah operasi kecil di dokter gigi,, tapi sekarang kok mulai muncul lagi yah? masih kecil sih
    apa mungkin karena aku gak minum obat antibiotik dan nyeri saat setelah operasi kemaren?

    1. Sama dengan keponakan saya dulu, habis operasi sebulan kemudian muncul yang baru jaraknya 2 cm dari yang lama, tapi dibiarkan saja tidak dibawa ke dokter akhirnya pecah sendiri dan alhamdulillah setelah itu tidak ada lagi. Kalau mucocelenya tidak mengganggu dan tidak sakit ya biarin saja sampai pecah sendiri

  54. Saya punya benjolan di pangkal bawah lidah ukuran 1 mm berwarna merah dan 1 bintik hitam di bagian samping lidah. Apakah itu berbahaya ?bagaimana cara menghilangkannya ?tolong di jawab, terima kasih sebelumnya

    1. Mucocele warnanya bening kemerahan dan bukan daging tumbuh karena isinya cairan, tidak terasa sakit juga kalau disentuh tidak terasa sakit. Maka kalau jelas mucocele berarti tidak berbahaya, dibiarkan sampai kapanpun tidak bahaya.
      Kalau yang bintik hitam itu saya tidak tahu. Kalau ada keluhan rasa sakit di dalam mulut atau di sekitar itu sebaiknya periksa ke dokter. Atau meski tidak terasa sakit agar kita tahu kepastiannya dan tidak terus-terusan dibayangi rasa kuatir maka sebaiknya ke dokter

  55. Saya baru aaja ngalamin. Sebelum ke dokter kmarin, pernah saking bengkaknya meletus sndiri, isinya darah tapi berlendir mirip ludah. Pertamanya bingung karena nggak sakit dan kempes sendiri, namun ketika makan atau minum panas muncul lagi namun makin tebal. Intinya walau sudah meletus ternyata masih ada kmungkinan muncul lagi. Sama dokter disarankan ke bedah dan kena biaya yg relatif mahal namun katanya belum ada jaminan sembuh total

    1. Bisa sembuh tapi bisa terjadi muncul mucocele baru tergantung sensitivitas yang bersangkutan. Contohnya keponakan saya sendiri, yang dioperasi sembuh hilang, beberapa bulan kemudian muncul lagi di tempat yang baru dekat bekas yang sudah sembuh dioperasi. Jadi keputusan untuk operasi kalau sudah dirasa mucocelenya mengganggu, kalau tidak mengganggu ya biarin saja. Kalau mucocelenya ada dibibir seperti gambar yang bawah, mantri atau paramedis yang sudah pengalaman bedah kecil bisa melakukan dengan biaya relatip murah. Kalau yang di lidah sebaiknya konsultasi dokter. Soal biaya relatif, kalau di rumah sakit pemerintah mungkin masih tergolong murah karena ini operasi kecil saja. Lebih kecil daripada khitanan. Kalau pengin coba penyembuhan sendiri, bisa dicoba terapi yang sudah ditulis di atas. Kelak kalau sudah usia 18 tahun ke atas insha Allah tidak muncul lagi

  56. saya juga ada benjolan di bibir. ianya berwarna biru kayak lebam dan ada putih putih di hujungnya. sudah agak lama. boleh dikatakan mahu 4 bulan. gi mana mau ubatin nya pak

    1. Dipastikan dulu itu mucocele apa bukan. Kalau tidak sakit kemungkinannya adalah mucocele. Kalau mau cepat sembuh bisa segera ke dokter gigi dan mulut. Bisa juga ke mantri atau paramedis yang sudah berpengalaman dan tahu soal mucocele ini. Dulu ada juga famili yang ada mucocele di bibirnya, dioperasi kecil oleh seorang mantri dan tidak pernah muncul lagi yang baru. Kalau mucocelenya ada di dalam mulut, lebih baik ke dokter saja

  57. Saya benjolannya pipih dibawah.lidah kiri..ini bahaya atau tidak? Seperti biji beras tapi agak panjang. Kemarin tidak apa2 tapi tiba2 1hr langsung tumbuh..tidak sakit tapi agak mengganggu.

    1. Pokoknya warnanya pink bening dan tidak sakit maka kemungkinan itu mucocele. Kalau mucocele insya Allah tidak bahaya

  58. Saya juga sering sekali mengalami mucocele, tetapi bukan mengeluarkan lendir tetapi mengeluarkan darah. Apa itu berbahaya? Mohon dijelaskan..

    1. Jika darah yg keluar sedikit dan cepat berhenti kemudian tidak ada rasa sakit ya mungkin tidak apa-apa. Kalau selama ini anda sudah beberapa kali mucocelenya keluar darah dan baik-baik saja, maka logikanya ya nggak apa-apa. Ada baiknya waktu mucocelenya pecah segera berkumur dg obat kumur macam Betadine. Obat kumur lho ya

  59. apa ada pantangan sendiri untuk makanan? misalnya kayak gak boleh makan tertentu gitu

    1. Tidak ada pantangan. Mucocele tidak disebabkan makanan tapi akibat trauma (benturan) yang mengakibatkan saluran ludah robek / putus sehingga ada sedikit ludah yang berhenti mengumpul di situ, makin lama makin banyak, membesar dan pecah jika selaput yang membungkusnya tipis.
      Mucocele tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak berbahaya tapi bisa menimbulkan rasa tidak nyaman di mulut, saat makan dan mengganggu penampilan jika ada di bibir dan besar

  60. Ikutan nimbruk ah……
    saya juga pernah terkena penyakit mucolele gan karna tonjolan membesar terpaksa operasi,setelah sebulan tonjolan kembali nongol……disebelahnya iku2an nongol lagi jadi ada 2 mucolele dah hampir setengah taon g ilang2 setiap muncul tonjolan saya keluarin cairan pakai jarum,apakah berbahaya?

    1. Menurut saya beresiko jika peralatan tidak steril. Resikonya menjadi lebih besar ketika dilakukan berkali-kali. Lebih baik mencari dan mencoba cara lain yang lebih aman meski butuh waktu lama

  61. Bibir bawah saya membengkak setelah 2 hari operasi mucocele, apakah itu aman ? Bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih

    1. Keponakan saya habis operasi diberi resep obat kumur antiseptik (Betadine) dan setelah beberapa hari disuruh kontrol. Kalau bengkaknya disertai rasa sakit sebaiknya segera kontrol ke dokter yg bersangkutan. Jika tidak sakit mungkin itu efek operasi yg tiap orang berbeda sensitivitasnya. Meski demikian 5-7 hari pasca operasi sebaiknya kontrol

  62. Kira2 dengan memakai air garam mengecilnya setelah brp lama ya pak?

    1. Air garam hanya upaya, jadi tidak ada jaminan menyembuhkan. Dari beberapa pengalaman orang yg pernah mencoba hasilnya bervariasi, ada yg 3 hari, ada yg seminggu namun ada juga yg tidak ada perubahan. Tidak ada salahnya dicoba. Intinya air garam didiamkan dimulut merendam mucocele itu selama 1-2 menit, setelah itu buang air garam itu dan bilas dengan air matang biasa hingga mulut tidak terasa asin. Sehari 2-3 kali. Coba hingga seminggu. Jika tidak ada perubahan terpaksa cari cara lain.
      Ada juga yang menyarankan diolesi madu pada daerah mucocelenya sebelum tidur dan biarkan semalam. Lakukan setiap malam dan perhatikan apakah ada perubahan setelah beberapa hari. Madu yang disarankan tentunya madu asli. Jika ada madu yg standar untuk pengobatan

  63. Devira Damayanti

    Saya juga mengalami seperti itu..bagaimana cara mengatasinya?

    1. Sebenarnya sdh pernah ditanyakan dan sdh saya jawab sebisa saya, tolong dibaca lagi ya komen2 yg dibawah. Singkatnya mucocele ini bisa sembuh sendiri cuman ada yg cepat ada yg lama. Kalau lama nggak sembuh (pecah dg mengeluarkan cairan) dan ukurannya besar lagi mengganggu barulah dikonsultasikan ke dokter.
      Bisa juga dicoba dengan berkumur air garam 1/2 s/d 1 menit 3x sehari selama beberapa hari dulu dan diamati apakah ada perubahan (mengecil), jika ya bisa diteruskan, jika tetap saja dan anda merasa terganggu ya sudah harus ke dokter. Jika mucocele itu tidak mengganggu ya cuekin saja. Mau sebulan, tiga bulan setahun didalam mulut asal tidak mengganggu ya sudah biarin, cuekin.

  64. Devira Damayanti

    Saya juga seperti itu. Saya takut untuk di oprasi. Saya ada jendolan juga di bawah lidah. Pada saat itu saya takut sekali.!! Sebaiknya harus bagaimana..? Tolong di jawab yaa..

  65. saya sepertinya terkena mucocele , saya sudah pernah dioperasi , namun sepertinya tumbuh kembali , bagaimana cara mengatasinya? Apakah perlu di operasi kembali? Ataukah hanya perlu minum air garam? adakah cara untuk mencegah munculnya kembali macocele? Terima kasih. Maaf merepotkan^^

    1. Kalau cuman kecil dibiarin saja karena kalau dioperasi justru nanti akan muncul lagi di dekat yang dioperasi tadi.
      Mungkin nanti kalau sudah mencapai usia tertentu mucocele sudah tidak muncul lagi. Tiap orang tidak sama, ada yang tidak pernah punya tapi ada yang muncul berkali-kali. Tenang saja itu bukan penyakit, cuma trauma saja. Jadi tidak usah operasi. Kecuali kalau sudah sangat terpaksa mucocelenya sangat besar dan mengganggu.
      Bisa dicoba dengan air garam tapi jangan diminum, cuman dipakai kumur-kumur saja. Selesai kumur dengan air garam terakhir kumur dengan air putih biar mulut nggak terasa asin. Dengan cara ini konon ada yang berhasil ada yang nggak. Nggak menjamin.
      Jadi kesimpulannya kalau cuman kecil dibiarin saja, kan tidak sakit. Kalau sakit barulah pergi ke dokter

  66. Kurniawan Eka Putra

    Saya juga ada benjolan seperti itu di bibir bawah. Sebenarnya ini bahaya atau tidak ya?

    1. Kalau mucocele tidak berbahaya

  67. Saya juga punya mucocele di bibir bawah,dan warna agak merah gituu.. dan penyakit ini sudah 1bulan ada nyaa. Kira2 sy harus melakukan operasi gak yaa?

    1. Tidak harus. Tapi kalau sudah besar dan sangat mengganggu bisa saja dioperasi. Kalau di bibir bawah operasinya jauh lebih mudah. Paramedis juga bisa melakukan karena mereka juga diberi keahlian melakukan operasi ringan. Pastikan yang sudah ahli dan berpengalaman. Kalau langsung mau ke dokter (dokter gigi dan mulut) ya silahkan saja

  68. terima kasih infonya. anak saya juga lagi ada benjolannya persis seperti gambar. sudah kira kira sebulan. lagi bingung mau diapain….apa dipecahin sendiri saja ya…?….kalau pakai jarum bgm ya…kira kira..?

    1. Kalau anaknya tidak merasa terganggu ya dibiarin saja pak, apalagi cuman kecil, ada kok teman keponakan saya yg setahun lebih mucocelenya, kalau pecah biarlah pecah sendiri, karena TKP-nya dimulut sebaiknya tdk gegabah.
      Kalau sdh besar dan mengganggu anaknya barulah konsul ke dokter gigi dan mulut.
      Meski sudah pecah sendiri atau dioperasi tidak menjamin tidak akan muncul lagi. Bahkan kalau dioperasi lebih beresiko cepat muncul mucocele yg baru

  69. Diurau diatas ,sempat pecah sendiri .itu sakit ga pas pecahnya ?
    Setelah pecah rasanya seperti apa ? Sakit ?
    Membekas ga ? Atau bengkak ?

    Please balas .

    1. usia keponakan saya sekarang 12 tahun, selain pernah dioperasi satu kali, dia sudah memcahkan sendiri mucocelenya lebih dari satu kali, tidak ada rasa sakit baik saat pecah maupun setelahnya, hanya saja setelah itu kami suruh dia berkumur dengan betadine obat kumur seperti saat pertama dioperasi oleh dokter diberi obat itu. Kelihatannya tidak ada bekas. Kayak sariawan kalau sudah sembuh kan nggak ada bekas lubang

  70. Saya jg pnya pnyakit mucocele udh di oprasi tp ko malah nimbul lg ya di deket yg doprasi .masa mau d oprasi jalan satu satunya apa gak ad obatnya

    1. – kalau mucocelenya tdk mengganggu, dibiarin aja, ada kok yg didalam mulutnya ada mucocele sampai setahun lebih nggak apa2
      – kalau keponakan saya itu mucocelenya awalnya seperti gambar yg paling atas itu, setelah dioperasi muncul lagi agak di bawahnya, tapi dpecahkan sendiri dg menekan lidahnya kebawah, muncul lagi dipecahkan lagi, begitu beberapa kali, entah sekarang masih muncul lagi atau tidak
      – bisa dicoba terapi kumur dg air garam seperti yg saya tulis di atas

  71. sok tau lo tuir keladi

  72. Anak saya saat umur tiga tahun pernah mengalami hal ini,saya lakukan oprasi satu hari menjalani perawatan di RS bekas lukanya kono kat dokter di jahit jg jadi membekas saat sembuh ampe sekarang di daerah sekitar masih agak nampak luka bekas sobekan.cuma yang menyerupai benjolan kadang muncul kadang ngak masih ada walau relatif kecil.masih kata dokter katanya penanganya cuma harus Operasi jalan satu2nya.tapi di sini kok bisa pecah sendirinya yaa…mana yg benar.

    1. Dua-duanya benar pak. Dokter akan merekomendasi untuk dibedah karena dari sisi medis itulah satu-satunya penanganannya. Pecah sendiri bisa terjadi jika kondisinya memungkinkan untuk terjadi, seperti yang sudah di tulis di atas yaitu jika mucocele terus membesar sementara kulit yang membungkusnya relatif tipis. Atau bisa juga terjadi akibat benturan tak sengaja yang mengenai mucocelenya.

  73. mukokel itu tonjolan atau gelembung yang berisi cairan ludah. muncul tonjolannya itu dari rembesan kelenjar ludah yang pecah karna teriritasi atau terkena trauma sehingga cairan keluar dari saluranya dan terjebak dibawah mukosa mulut. biasanya ini karena kebiasaan buruk sering gigit2 bibir bawah atau meraba gigi dengan bawah lidah. bisa kembali lagi setelah pecah karena kebiasaan buruknya belum dihentikan. warnanya tidak selalu harus kebiruan bisa juga sama dengan jaringan sekitarnya. ciri khas mukokel kalau dibawah cahaya kelihatan dalamnya berisi cairan, konsistensi lunak,dan tidak sakit. biasanya paling sering di bibir bawah bagian dalam, dasar lidah, pipi, dan belakang gigi geraham. silahkan dibawa ke dokter gigi untuk konsultasi lebih lanjut jika masih kembali terjadi.

    1. Terima kasih dengan keterangan tambahannya

    2. Kira2 Mucocele itu berbahanya gak ya?? Dan bagus/baik gak kalau dia dipecahkan secara paksa, dicucuk dengan jarum misalnya? Kemudian ada gak obatnya untuk mengatasi agar dia gak datang lagi? mhn dbalas and trm ksh atas blsnnya…

    3. @Husni
      Sudah pernah ditanyakan dan sudah dijawab, silahkan dibaca lagi semua komen yang ada.
      Terima kasih

  74. Cara menuembuhannya gmna ya? Apa kah harus di operasi?

    1. Sudah saya tulis di artikel di atas. Operasi adalah alternatif terakhir

  75. cara penyembuhannya gmana ya???

    1. Saya tidak berkompeten untuk menjawab bagaimana menyembuhkannya karena saya bukanlah dokter. Sampai sekarang di mulut keponakan saya masih juga ada mucocele di bawah lidah. Biasanya dia memecahkannya sendiri dg cara menekankan lidahnya ke bawah. Nanti muncul lagi dan dipecahkannya lagi. begitu berkali-kali. Namun demikian saya tidak menganjurkan untuk melakukan hal yang sama. Tiap individu mungkin kasusnya berbeda

  76. Saya juga ada benjolan di bibir,dan sudah agak membesar,tetapi di sekelilingnya tidak berwarna biru,apakah u juga bagian dari “Mucocele” ?

    1. Mungkin kalau itu relatif ya, saya sendiri hanya tahu yang ada di keponakan saya, kalau kita amati gambar ilustrasi kelihatannya juga tidak ada warna biru disekelilingnya. Jika TIDAK TERASA SAKIT kemungkinan besar itu mucocele

    2. mukhalifah addiina

      Saya juga mengalami mucocele awal mula kegigit, timbul jendolan sebesar biji kedelai diksh obat sariawan gom blm berubah. Kegigit lg skrng warnanya menjadi hitam kebiru-biruan, dianjurkan dokter untuk operasi. Apakah akan berbahaya jika tidak dioperasi?
      Obat apa yang bisa selain operasi
      Terima kasih

    3. Mucocele tidak dioperasi tidak apa-apa karena isinya cuma cairan ludah. Bisa pecah sendiri kalau kulit yang membungkus cairan ludah itu tipis. Tapi ada juga yang lama nggak pecah-pecah. Kalau cuman kecil ya biarin saja. Ada kok yang sampai setahun lebih dibiarin. Kalau misalnya pecah sendiri ya sudah tinggal dikumur-kumur aja, bisa pakai air biasa atau obat kumur. Mucocele ini tidak ada obatnya karena bukan penyakit

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SerbaSerbi.web.id © 2016 Frontier Theme