Menyembunyikan Navbar Blogspot

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

Bagi anda para newbie seperti saya yang baru saja mempunyai akun blogspot dan telah mempublikasikan blognya, pasti akan mendapati navigasi bar (navbar) yang terletak di baris paling atas halaman blog kita. Di antara kita mungkin tidak ambil pusing dengan adanya tampilan navbar tersebut. Namun bagi sebagian kita yang lain, adanya navbar tersebut mungkin saja membuat sedikit risih karena terkesan blognya kurang profesional dan gratisan (walaupun memang iya).

Navbar ini tidak bisa dihilangkan namun bisa disembunyikan. Seperti kita ketahui bentuk navbar tersebut seperti tampak pada gambar di bawah:

Tampilan Baku Navbar Blogspot

Bagi anda yang ingin menyembunyikan navbar tersebut ada dua cara. Cara pertama adalah dengan mengedit kode html template yang sedang kita pakai.

  • Log in ke akun anda di Blogger.com
  • Masuk ke setting blog anda dengan mengeklik nama blog yang sudah anda aktifkan
  • Klik menu Template, yang ada di sidebar sebelah kiri
  • Klik Edit HTML, lanjutkan dengan klik tombol Lanjutkan
  • Akan anda hadapi editor kode HTML, lanjutkan mencentang opsi Expand Template Widget
  • Gulung perlahan ke bawah editor HTML tersebut, cari baris-baris kode berawalan # atau . (titik), contoh #header, #footer, .post, #sidebar dan sebagainya. Di antara baris kode macam itulah anda selipkan (copy-paste) kode berikut:
    #navbar{display:none;} atau
    #navbar-iframe{height:0;visibility:hidden;display:none;}
  • Setelah itu klik tombol Simpan Template
  • Navbar akan disembunyikan.

Langkah-langkah di atas berlaku jika anda masih memakai template yang disediakan oleh Blogger.com.

Cara kedua adalah dengan mengganti template tampilan blog default yang disediakan blogspot dengan template yang disediakan pihak ketiga (tersedia gratis dan banyak yang lebih cantik daripada yang tersedia default di blogspot), maka anda tidak perlu repot-repot seperti itu. Pembuat template sudah menyelipkan kode tersebut dan kita tinggal mengupload templatenya saja, navbar sudah default disembunyikan. Untuk lebih jelasnya baca di sini.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SerbaSerbi.web.id © 2016 Frontier Theme