Berapa Data Yang Digunakan Untuk Menonton Video di Youtube?

Comments: 0

Hampir tiap hari mungkin kita menonton atau mengakses Youtube. Ada juga yang hari-harinya tiap jam digunakan untuk mengakses Youtube. Bagi yang terkoneksi dengan wifi hampir tidak pernah ada kendala ketika menonton Youtube kecuali saat jaringan wifi terjadi gangguan entah karena sedang ada pemeliharaan atau sebab lain. Bagi yang tidak terhubung dengan wifi maka kuota data yang dipunyainya bisa dengan cepat akan habis atau berkurang banyak dengan drastis.

Maka seringkali kita bertanya berapa giga data yang diperlukan untuk menonton video di Youtube. Video di Youtube mempunyai resolusi yang berbeda-beda tergantung yang diunggah oleh pengunggahnya. Ada yang berresolusi rendah ada yang berresolusi tinggi berkualitas HD (High Definition).

Jika dipilah lebih rinci Youtube menyediakan beberapa kategori kualitas video untuk ditonton, yaitu:

  • - 144p
  • - 240p
  • - 360p
  • - 480p
  • - 720p
  • - 1080p

Semakin tinggi kualitas video yang kita tonton akan membutuhkan data lebih banyak sehingga akan mengakibatkan kuota data kita lebih cepat berkurang atau bahkan habis.

Jadi berapa banyak data yang dihabiskan ketika kita nonton video di Youtube? Kita tidak bisa menentukan secara pasti berapa tetapi bisa diperkirakan berapa rata-rata berdasakan pengalaman beberapa pengguna, yaitu:

Kualitas Video144p240p360p480p720p1080p
Per menit1,3 MB3,3 MB5 MB8,3 MB25 MB50 MB
Per jam80 MB200 MB300 MB500 MB1,5 GB3 GB

Youtube secara default akan secara otomatis menyeting kualitas video yang ditampilkan berdasarkan kualitas koneksi internet perangkat hp kita. Jika kualitas koneksi internet lemot maka video akan disetting ke kualitas paling rendah. Jika koneksi internet kencang maka video yang ditampilkan berresolusi tinggi dan akibatnya data akan berkurang dengan drastis dan bisa cepat habis jika tidak menggunakan wifi.

Untuk menghemat kuota data diperlukan pengaturan di aplikasi Youtube. Masuk ke tab Setelan kemudian pilih Video quality preference. Defaultnya otomatis (Auto) yaitu kualitas video dipilih Youtube sesuai kualitas koneksi internet. Jika ingin berrhemat sebentar bisa dipilih Data saver. Untuk yang menggunakan koneksi wifi tidak perrlu dirubah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *