Tips Cara Merawat Sepatu Kulit

sepatu-kulit    
Sepatu dengan bahan kulit dapat memberi kebanggaan tersendiri kepada pemakainya diluar fungsi dari sepatu itu sendiri. Selain bahannya yang sudah terbukti awet juga merupakan pelengkap fashion yang dapat memberi bermacam kesan baik formal maupun casual, macho, anggun dan mewah tergantung model dan jenis bahan kulitnya.

Namun demikian tidak serta merta karena bahannya dari kulit maka semua keistimewaan itu akan terus dapat dinikmati dalam jangka waktu lama. Ada upaya yang harus dilakukan untuk menjaga agar sepatu jenis ini dapat terus memancarkan keistimewaannya tersebut dalam jangka waktu yang relatif lama.

Cara Merawat

Untuk perawatan sepatu kulit harus melihat pada bahan kulit sepatu tersebut demikian pula warnanya. Bahan kulit yang dibuat mengkilap, suede, kulit kalep (calf) membutuhkan perawatan sedikit berbeda satu sama lain. Namun pada dasarkan adalah menjaga agar sepatu tidak terlalu kering yang nantinya dapat menyebabkan kulit sepatu menjadi pecah.

  • Bersihkan sepatu setiap selesai dipakai dari debu. Angin-anginkan jika sedikit basah hingga kering sebelum disimpan.
  • Oleskan pelembab khusus sepatu kulit, atau apabila tidak punya, dapat menggunakan body lotion supaya kulit tidak menjadi terlalu kering yang nantinya dapat menyebabkan kulit sepatu pecah-pecah dan rapuh.
  • Simpanlah dalam plastik dengan rapat, masukkan dalam kotak, dan tambahkan beberapa kantung silica gel untuk mengurangi kelembaban selama penyimpanan agar tidak tumbuh jamur dan bau.

Cara Membersihkan

  • Lepas tali sepatu jika ada
  • Gunakan sikat dengan bulu lembut untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel
  • Pakailah pembersih khusus kulit semacam sabun pelana kuda untuk tahap pembersihan berikutnya, kemudian biarkan hingga kering benar sebelum proses penyemiran

  ;

Penyemiran

  • Untuk membantu menjaga kelembaban kulit sepatu agar tidak lekas mengering dan menyebabkan terjadi kerutan dan mengelupas, dapat dipakai kondisioner semacam mink-oil yang digosokkan menggunakan kain lembut ke seluruh permukaan kulit sepatu dengan gerakan berputar.
  • Tentunya pilih semir sepatu yang warnanya sesuai dengan warna sepatu dan yang berbahan dasar lilin lebah madu (beeswax) dan lanolin, karena dapat melembutkan sekaligus melindungi kulit sepatu

Penyimpanan

  • Gunakan shoe-tree untuk menjaga agar bentuk sepatu tetap terjaga relatif seperti ketika masih baru beli. Jika terpaksa tidak ada shoe-tree untuk darurat bisa digunakan gumpalan kain atau kertas koran. Shoe-tree yang bagus adalah yang terbuat dari pohon cemara karena dapat menyerap lembab dan bau
  • Begitu melepas sepatu segera isi ujung sepatu dengan kertas minyak dan pasanglah shoe-tree tersebut
  • Pemakaian shoe-tree yang konsisten akan menjaga bentuk sepatu agar tidak cepat melipat-lipat dan menyusut sehingga akan senantiasa tampak seperti ketika saat baru dibeli

Tulisan di atas dirangkum dari berbagai sumber, BUKAN pengalaman pribadi penulis. Jika anda mempunyai tips dan pengalaman pribadi silahkan berbagi di kolom komentar / tanggapan. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan