Printer HP Deskjet 2010 K010a Ink Advantage

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

k010a
Beberapa waktu lalu saya membeli sebuah printer untuk kebutuhan sehari-hari non bisnis. Sebelumnya sudah kesana-kemari browsing mencari informasi untuk menentukan printer apa yang sekiranya cocok dengan kebutuhan, murah, hemat, awet dan mudah perawatannya. Info difokuskan kepada merek yang tentunya sudah terkenal baik kualitas barangnya, ketersediaan spare part maupun layanan purna jualnya. Kepada siapa lagi kalau bukan Epson, Canon dan Hewlett-Packard. Masih ada merek lain di pasaran tapi menurut saya ketiga merek itu sudah cukup menyita waktu dan bikin puyeng menentukan pilihan.

Sudah lazim kalau tidak ada suatu produk yang sempurna. Suatu produk (merek) pasti ada kelebihan dan kelemahannya dibanding produk (merek) lain yang sekelas. Sementara keputusan harus segera diambil. Resiko siap ditanggung penumpang. Maka jatuh pilihan ke HP Deskjet 2010 K010a Ink Advantage. Beli di outlet reseller Hewlett-Packard dengan harga Rp 600.000,- pas (banderol Malang). Dapat bonus satu cartridge tinta hitam original.

Sebenarnya ada yang lebih murah dari merek lain, tapi murahnya adalah sesaat karena kedepannya jika dihitung-hitung jatuhnya akan lebih mahal karena harga cartridgenya yang memang mahal. Tetapi posting ini bukan ditujukan untuk review ataupun perbandingan merek. Sekedar sharing saja. Siapa tahu speknya cocok dengan yang anda butuhkan.

Berikut garis besar spesifikasi teknik dari printer HP Deskjet 2010:

  • Jenis inkjet dengan dua cartridge hitam dan warna (cyan, magenta, yellow)
  • Kecepatan cetak warna hitam saja 5,5 lembar per menit dengan kualitas laser, sedang cetak warna sebanyak 4 lembar per menit.
  • Kecepatan cetak kualitas draft 20 lembar hitam dan 16 lembar warna.
  • Kerapatan cetak warna hitam saja 600 dpi (dot per inch)
  • Kerapatan cetak warna maksimal 4800 X 1200 dpi di atas kertas foto
  • Koneksi USB 2.0
  • Kertas A4, A5, A6, B5 dan amplop
  • Bisa cetak di kertas foto dan transparan disamping kertas biasa
  • Support Win XP, Vista, Win 7 dan Mac OS 10.5 dan 10.6
  • Daya tampung input tray 60 lembar kertas, output tray 25 lembar
  • Daya listrik 10 watt
  • Dimensi 48 X 38 X 26,6 cm
  • Berat +/- 2,5 kg

Kelengkapan saat membeli:

  • 1 unit printer HP Deskjet 2010 K010a
  • 1 kabel usb
  • 1 adaptor + kabel power
  • 1 CD instalasi driver unutk Windows dan Mac Os
  • 1 cartridge tinta hitam (HP 704 black) dan 1 cartridge tinta warna (HP 704 color)
  • 1 bonus (tambahan) cartridge tinta hitam (HP 704 black)
  • Quick guide/manual
  • Kartu garansi 1 tahun

Konon kata si penjual cartridge jenis HP 704 ini tidak bisa diisi ulang dan printer tidak bisa dipasangi infus. Namun dengan teknologi Ink Advantage tinta jenis HP 704 ini sanggup mencetak hingga +/- 480 halaman A4 dengan tinta hitam dan 250 halaman dengan tinta warna. Disamping itu harga cartridgenya cukup murah yaitu Rp 85.000,- (di Malang). Dengan demikian ongkos cetak printer ini tergolong cukup murah dan hemat dibandingkan printer sekelasnya jika diperhitungkan juga faktor keawetan mesinnya, mengingat isi ulang tinta printer dan pasang infus mengandung resiko yang besar terhadap kelangsungan hidup printer itu sendiri.

Untuk perawatan mudah-mudah saja seperti perawatan printer standard pada umumnya. Jika tidak sedang dipakai, ya tutup saja tray kertas baik sisi input maupun sisi output agar debu tidak masuk yang nantinya akan mengganggu kerja roller kertas. Jika dalam satu hari tidak ada rencana mencetak, mesin cukup dihidupkan selama beberapa saat, agar printhead tidak cepat tersumbat yang dikarenakan mengeringnya tinta yang tersisa di printhead.

Jika kebutuhan anda hanya untuk mencetak sehari-hari dengan jumlah tidak begitu besar, printer ini bisa dipertimbangkan menjadi salah satu nominasi untuk anda miliki. Keputusan ada di tangan anda tentunya.

loading...

10 Comments

Add a Comment
  1. Tinta yg bagus untuk refill catridge 704 merek apa ya Dinta?

  2. Sudah hampir setaun pake “mbaknya” printer hp yang seri ini, yaitu 2060 all in one. cartridge juga sama 704. dari setaun cuman 2 kali ganti cartridge item sama warna. itupun karena pas refill kecoblos jarum tintanya. hahaha
    hasilnya bener2 puas. irit banget, refill terus masih tahan banting, padahal di pake sekelas office yang notabene printer itu kebutuhan sehari2.
    nggak kecewa beli yang seri ini, bener2 40% CUT OFF 😀

  3. aku baru aja isi ulang, tapi gak kedeteksi. apa gara2, kelemaan belum d isi. ya jangka waktu sekitar 2 mingguan baru d isi. stress mikirinnya. pdahal lumayan kenceng tarikannya.

    1. coba aja mbak penutup bagian atasnya di buka pake pisau, jadi leluasa pas mau refill tintanya, jangan di coblos kalo ngisi, juga jangan kebanyakan sampe banjir. cukup kalo udah di tekan2 pake tutup bolpoin, di coba di tisu. kalo keluar mengikuti garis cartridge dan nggak bocor berarti oke.

      kalo kering, mending cartridge yang bagian bawahnya itu di rendem pake tissu yang udah di kasih air panas, dikit aja ya airnya, jangan sampe kena chipsnya.
      selamat mencoba 😀

    2. oya kalo nggak kedeteksi, coba chipsnya di bersihkan pake tissue, bersihkannya yg searah ya.
      kalo nggak bisa kedeteksi juga, berarti emang udah waktunya ganti cartridge. hehehe

  4. mas, marketing HP ya? atau tinta isi ulang? mau tanya dong, saya udah buktikan pemakaian Printer HP Deskjet 2010 K010a Ink Advantage, baru aja dipake 441 lembar aja tinta hitam nya abis duluan. Gak kongkrit nih.

    1. Saya pengguna seperti anda juga. Angka di atas memang klaim resmi dari pihak HP. Tentunya ada beberapa faktor yang berpengaruh terjadinya perbedaan saat pengetesan printer di pabriknya dengan saat kita gunakan sehari-hari. Misalnya, saat di test printer dioperasikan terus sampai tinta habis sedangkan kita menggunakannya sesuai kebutuhan. Demikian juga dengan apa yang di print dan jenis serta kualitas kertas yang digunakan. Silahkan baca di manualnya. Thanks.

  5. bsa d suntik jga bro,
    pas tinta tnggal 1 balok lngsung suntik ja,
    wlwpun trbaca cuma 1 balok tapi than tintanya bkal sma kek yg masih baru.

  6. ohhh gak bisa isi ulang ya? Aku isi ulang eh warnanya ngaco dan yg hitam gak muncul2. Aku dibuat stres krn ketidaktauanku. Thk for the post. Btw d mana ya tempat jualanya? Yg ASLI.

    1. – tentunya di dealer resmi printer hp, kalau di malang di dieng plaza lantai 1
      – bisa juga di toko online namun ada ongkos kirim jadi jatuhnya mahal
      – bisa coba dicari di toko-toko printer terdekat di kota anda

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SerbaSerbi.web.id © 2016 Frontier Theme