WhatsApp Membagikan Data Akun Pengguna Ke Facebook

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

wa-facebook
Beberapa waktu lalu WhatsApp mengumumkan adanya perubahan dalam hal kebijakan privasinya (Privacy Policy), dimana WhatsApp akan memberikan data pemilik akun WhatsApp termasuk nomor telepon kepada Facebook. Sebelumnya WhatsApp tidak pernah mensharing data-data pemilik akun WA dalam bentuk apapun kepada perusahaan induknya itu.

WhatsApp menyebutkan bahwa data-data akun pengguna WhatsApp yang diberikan ke Facebook bertujuan agar target iklan di Facebook dapat lebih tepat sasaran. Juga agar Facebook dalam menyodorkan siapa-siapa yang disarankan untuk menjadi teman antara akun facebook satu dengan akun facebook lainnya dapat lebih tepat sasaran pula.

Itulah sebabnya nanti, atau mungkin sudah, ketika membuka aplikasi WA anda akan mendapati sebuah pesan yang menyodorkan Syarat dan Ketentuan (Terms and Conditions) WhatsApp yang baru untuk anda setujui. Anda mungkin tidak sempat membacanya dan langsung saja mengetuk tombol AGREE tanda bahwa anda menyetujuinya. Jika demikian maka kelak data akun anda termasuk nomor telepon akan dikirim WhatsApp ke database Facebook dengan maksud seperti yang telah disebut di atas. Jika anda tidak keberatan data anda diketahui oleh Facebook maka urusan selesai. Tapi jika anda tidak ingin data akun anda di WhatsApp dimiliki juga oleh Facebook, maka ada cara agar hal itu tidak terjadi.

Pertama, jangan tergesa menekan tombol AGREE berwarna hijau itu. Lihat kebawahnya lagi, disitu ada tulisan “Read more about the key updates to our Terms and Privacy Policy” dan ada tanda panah ke atas. Ketuklah di situ. Anda akan melihat tulisan “Share my WhatsApp account information with Facebook… dst” dengan tanda centang disebelah kanan. Hilangkan tanda centangnya, baru ketuk tombol AGREE.

Kedua, jika anda sudah terlanjur menyetujuinya, masih ada kesempatan 30 hari untuk membatalkan, sebelum hal itu menjadi permanen nantinya. Untuk itu bukalah menu Settings di WA anda, kemudian tekan tab Account, dan hilangkan tanda centang di opsi “Share My Account Info”. Maka Facebook tetap tidak akan tahu data akun WhatsApp anda.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SerbaSerbi.web.id © 2016 Frontier Theme