Menghapus Bonjour Service Dan Filenya (mDNSResponder.exe, mdnsNSP.dll)

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0

bonjour
Jika anda pemakai Windows dan browsing directory C:\ komputer anda, mungkin anda pernah menemui file mDNSResponder.exe di folder dengan nama Bonjour yang ada di folder Program File. Atau mungkin pada saat anda membuka Task Manager (Ctrl+Alt+Del). File ini senantiasa dengan file saudaranya mdnsNSP.dll akan berada di folder Bonjour tersebut dan akan selalu dieksekusi pada saat Windows melakukan booting.

Jika saat ini dikomputer anda terdapat software iTune milik Apple, maka anda harus membiarkan kedua file Bonjour itu tetap pada tempatnya, karena memang file-file itu milik dan dibutuhkan oleh iTune. Sayangnya meskipun anda sebenarnya sudah menguninstal iTune atau kelak akan menguninstalnya, kedua file Bonjour itu tidak akan ikut terhapus bersama iTunes. Anda juga tidak akan bisa menuninstalnya dengan program uninstaller milik Windows di Program Panel atau mungkin uninstaller lainnya. Jika anda nekat menghapus begitu saja folder Bonjour dan kedua filenya, kemungkinan nanti akan menimbulkan masalah.

Untuk menghapus kedua file dan folder Bonjour dengan aman silahkan lakukan langkah berikut:

  • Klik Start>Run, kemudian ketik perintah berikut:
    %ProgramFiles%\Bonjour\mDNSResponder.exe -remove
  • Klik Start>Run lagi dan ketik perintah berikut:
    regsvr32 /u %ProgramFiles%\Bonjour\mdnsNSP.dll

NB. Kapitalisasi huruf tidak diperlukan, anda bisa mengetik perintah tersebut dengan huruf kecil semua.

Silahkan Windows direstart, setelah itu anda bisa menghapus folder Bonjour beserta kedua file dengan aman.

Untuk meyakinkan bahwa anda telah menguninstal Bonjour, klik Start>Run dan ketik services.msc. Jika tidak ada lagi service dengan nama yang mirip-mirip dengan : ##Id_String2.6844F930_1628_4223_B5CC_5BB94B879762##, maka Bonjour telah teruninstal.

Namun jika setelah folder Bonjour diuninstal dan dihapus anda menemui masalah maka mungkin ada software lain yang membutuhkan file-file ini. Maka anda harus segera meninstal kembali file Bonjour ini. Untuk mendapatkan kembali file-file tersebut dapat didownload di sini.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SerbaSerbi.web.id © 2016 Frontier Theme