Tor Browser Anti Nawala

tor    
Mungkin anda pernah suatu ketika browsing internet dan ada link info menarik perhatian anda, kemudian anda mengkliknya, berharap akan landing di halaman website yang anda klik tadi. Namun segera anda kecewa karena ternyata anda dibawa ke suatu halaman situs yang memberitahu anda bahwa situs yang anda tuju dilarang untuk diakses atau dengan kata lain diblokir karena alasan tertentu.

Nawala denikian itu ditujukan untuk memblokir situs-situs internet yang dianggap berbahaya bagi pengguna internet seperti situs yang menampilkan konten pornografi, perjudian, penipuan, proxy, phising, malware dan SARA. Untuk maksud tersebut Nawala bekerjasama dengan beberapa penyedia layanan internet seperti Telkom Indonesia, Blackberry dan perusahaan-perusahaan yang tergabung dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Meski demikian blokir semacam itu msih juga bisa ditembus dengan cara atau trik tertentu. Sebagai contoh dengan menggunakan Tor Browser ternyata pengguna internet bisa dengan leluasa menuju ke situs yang mereka inginkan tanpa terkendala dengan Nawala. Browser yang digunakan Tor sebenarnya adalah berbasis Firefox yang mereka modifikasi. Sebenarnya tujuan Tor ini adalah menjamin privasi pengguna internet agar selama mereka surfing internet data-data pribadi mereka tidak nampak sehingga tidak disalahgunakan pihak ketiga yang mungkin menyadap kegiatan surfing mereka.

tor

Instalasi Tor Browser tidak rumit, setelah anda download bundle browser Tor, anda cukup mengekstrak filenya ke folder tertentu, misalnya ke folder C:\Program Files.  Setelah terekstrak anda akan mendapati folder baru dengan nama Tor Browser. Untuk memulai browsing klik dua kali file Start Tor Browser.exe yang ada di folder tersebut.

Kerugian menggunakan Tor Browser ini adalah berpengaruh pada speed koneksi internet, bergantung pada speed proxy yang sedang dilewati. Jika kebetulan sedang lewat proxy yang cepat maka koneksi internet tidak ada kendala berarti, tapi jika pas lewat proxy yang mungkin trafficnya sibuk maka koneksi akan melambat.

Sebagai alternatif yang relatif lebih mudah, bagi anda yang memakai browser Firefox bisa menginstal add-on vpn semacam ZenMate dibrowser anda. Dengan add-on ini anda bisa browsing internet secara anonymous, tidak terdeteksi lokasi asal kita. Setelah terinstal anda diminta untuk register dengan email anda. Jika tidak diperlukan addon bisa dioffkan. Untuk versie gratis anda mendapat 5 pilihan negara sebagai proxy.

Satu tanggapan untuk “Tor Browser Anti Nawala

  1. Artikel yang sangat bagus! Ditulis dengan baik, jelas dan to the point. Saya pasti akan membagikan informasi yang berharga ini kepada teman dan kolega saya. Good job!

Tinggalkan Balasan