Samsung Galaxy S4

resized_er_photo_187417_52Bulan Maret 2013 adalah bulan peluncuran Samsung Galaxy S4 secara resmi dan dijanjikan mulai April akan dilempar ke pasaran.

Tubuhnya bongsor dengan lebar layar 5 inchi, 1 inchi lebih lebar dibanding pesaingnya iPhone 5. Dengan ukuran ini banyak kalangan yang berseloroh menyebut Samsung Galaxy S4 adalah sebuah phablet, yaitu suatu smartphone yang berukuran layaknya tablet dengan kategori ukuran layar 5 – 6,9 inchi, dan kemungkinan akan tidak nyaman untuk digenggam, apalagi bagi mereka yang mempunyai tangan yang lebih kecil. Namun bagi sebagian orang yang menganut paham bigger is better tentunya tidak akan menjadi kendala, akan tetap antusias dan merasa fun-fun saja mengantongi gadget yang satu ini.

Casing

Dibandingkan dengan pendahulunya Galaxy S3 yang lebih keplastik-plastikan, Galaxy S4 dibungkus dengan casing berbahan polycarbonate sehingga tampak lebih keren dan bernuansa layaknya sebuah smartphone, dengan tubuh yang lebih ramping lagi yaitu 7,9 mm dan lebih ringan (130 gram). Tersedia dalam dua warna hitam (black mist) dan putih (white frost).

Layar

Layar terbuat dari Super AMOLED (Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode) dengan reolusi Full HD 1920 x 1080 piksel dengan kerapatan 441 ppi (pixel per inch). Meskipun sudah dilengkapi dengan capacitive touchscreen yang sangat sensitif, pengguna mungkin akan lebih suka memainkannya dua fitur barunya Air View dan Air Gesture.  Yang pertama konon untuk membuka konten semisal email atau photo preview hanya dengan menggerakkan jari mengambang di atas layar tanpa menyentuhnya. Air Gesture konon digunakan untuk misalnya scrolling halaman web cukup dengan gerakan tangan seperti melambai di atas layar dan juga tidak perlu menyentuh layar sekalipun. Untuk lebih jelasnya silahkan coba aja sendiri, penulis tidak bisa menjelaskan lebih lanjut karena memang belum punya, atau bahkan mungkin nggak akan pernah punya. Untuk proteksi layar digunakan Gorilla Glass 3 anti gores.

Prosesor

Menggunakan prosesor Qualcomm Quad-Core berkecepatan 1,9 GHz, dengan chipset Samsung Exynos 5 Octa 5410 yang konon juga akan digunakan untuk memperkuat Galaxy Note 3.

Kamera

Mungkin yang juga baru dan istimewa dari GS4 untuk saat ini adalah kemampuan kameranya untuk digunakan merekam pada saat yang bersamaan antara kamera depan (2-megapixel) dan kamera belakang (13-megapixel) dan memadukan kedua hasil rekaman dalam bentuk hasil rekaman dari kamera depan (berupa gambar diam) difloating di hasil rekaman video (gambar bergerak) kamera belakang. Kamera belakang dilengkapi dengan autofocus dan LED flash serta deteksi wajah dan senyuman. Sementara itu hasil rekam video juga sudah full HD 1080@30 fps.

Kamera depan juga bisa digunakan untuk sensor gerakan sebagai SmartPause. Misalkan anda sedang menonton video (gambar bergerak) melalui layar GS4 ini, kemudian karena sesuatu hal anda harus menoleh ke arah lain, maka video akan di pause secara otomatis. Jika kemudian anda menatap lagi layar, video akan dilanjutkan.

resized_er_photo_187408_52

Memory dan Penyimpanan

Memory internal meliputi 2 GB RAM dan untuk tempat penyimpanan terdapat 3 pilihan yakni 16/32/64 GB yang sudah include. Jika masih kurang masih ada slot memory microSD sampai dengan 64 GB lagi. Biasanya semakin besar memory yang diinclude maka semakin mahal harga gadget, oleh karenanya mungkin akan lebih baik jika membeli dengan memory internal yang 16 GB dan kelak jika ingin menambah memory bisa ditambah dengan chip external memory yang dimasukkan ke dalam slot memory microSD.

Baterry

Baterai Samsung Galaxy S4 menggunakan 2.600 mAH, lebih besar 500 mAH dibandingkan baterai S3. Harusnya memang demikian karena S4 emmpunyai layar lebih lebar dan sebagai antisipasi jika pengguna akan benar-benar nantinya menggunakan layanan jaringan 4G yang butuh energi besar. Jika pengguna berada di luar rumah untuk jangka waktu seharian sebaiknya menyediakan baterai cadangan jika sewaktu-waktu low battery.

Sebagian Fitur Lainnya

1. Jaringan support :

  • GSM 2G 850 / 900 / 1800 / 1900 ;
  • 3G HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 dan
  • 4G LTE (Long-Term Evolution).

2. Operating system menggunakan Android OS, v4.2.2 (Jelly Bean)
3. Pengenalan suara saat jika anda mengemudi S-Voice Drive
4. Support Infrared
5. Support WLAN Wi-Fi 802.11
6. Support A-GPS (Global Positioning System)
7. Sensor suhu dan kelembaban udara

Harga

Saat ini belum ada informasi harga dari pihak pabrikan sampai nanti saat peluncuran di pasaran sekitar minggu ketiga bulan April 2013. Yang pasti akan sangat mahal khususnya buat saya.

Tinggalkan Balasan