Menginstal XAMPP

instal-wordpress    
XAMPP kependekan dari X, Apache, MySQL, PHP dan Perl, adalah suatu  program gratis yang dikembangkan oleh sebuah teamwork yang bernama Apache Friends.

X yang berarti lintas sistem operasi, yaitu bisa dijalankan di semua sistem yang ada seperti Windows, Unix (termasuk Linux), Mc OS dan Solaris.

Program ini berguna dan mutlak diperlukan bagi kita yang akan mendesain suatu web khususnya web dinamis dengan menggunakan bahasa PHP dan yang membutuhkan adanya database untuk mendukung operasional web/blognya kelak. Dengan menginstal program XAMPP ini maka PC kita disimulasikan sebagai suatu web server yang berdiri sendiri.

Instalasi XAMPP sangatlah mudah seperti halnya menginstal program-program lain yang berbasis Windows yang kebanyakan tinggal klik saja. Jadi apa yang dipaparkan di sini bukanlah suatu tutorial melainkan sharing bagi mereka yang mungkin sama sekali belum pernah menginstal XAMPP di komputer mereka.

Langkah pertama, siapkan file instalasi XAMPP. Jika anda belum punya anda bisa mendapatkannya di sini. Untuk mudahnya pilih file yang untuk instalasi (.exe).

Langkah kedua, di directory manapun file XAMPP anda berada langsung saja klik ganda file tersebut. Maka akan muncul di layar monitor anda ucapan selamat datang seperti ini (saat menulis ini file yang saya dapat adalah versi 1.7.7) :

Langkah ketiga, klik saja tombol Next. Maka anda disodori untuk memilih bahasa. Sayang file yang saya peroleh dari link di atas tidak menyediakan Bahasa Indonesia. Alhasil saya pilih English saja.

Langkah keempat, kita diminta untuk memilih di directory mana akan kita tempatkan instalasi XAMPP kita. Itu terserah anda, mau di C, D atau E atau yang lainnya lagi. Yang penting akan memudahkan anda kelak untuk mengorganisasi proyek web atau blog anda.

Langkah kelima, setelah anda pilih directory tujuan instalasi anda, kembali klik tombol Next. Kini anda ditawari untuk dibuatkan shortcut di desktop dan di menu start. Menurut saya biarkan saja itu apa adanya dan langsung klik tombol Install.

File akan diekstrak dan anda disuruh menunggu tentunya sampai proses selesai.

Langkah keenam, proses ektraksi di atas langsung dilanjutkan dengan penggandaan file-file hasil ekstraksi ke directory tujuan yang kemudian secara  otomatis akan dikonfigurasi disesuaikan dengan sistem operasi komputer anda (Windows).

Langkah ketujuh, menjelang akhir instalasi anda diminta untuk mengeklik tombol Finish.

Langkah kedelapan, proses instalasi selesai ditandai dengan ucapan selamat seperti berikut

Langkah kesembilan, klik saja tombol Yes, maka anda masuk ke control panel XAMPP. Untuk memulai pekerjaan anda klik tombo Start untuk service Apache dan MySql.

Selesai.

Tinggalkan Balasan