Menginstal Kartu Grafis

graphic-card    
Matikan PC dan cabut kabel daya dari PC. Buka tutup kotak (casing). Pasang gelang anti-statis atau jika tidak punya, sekurangnya pegang bagian metal casing yang tidak tertutup cat beberapa saat terutama saat memegang komponen PC yang peka dengan listrik statis yang ada di tubuh kita.

Jika anda hendak mengganti kartu grafis lama, terlebih dulu anda harus menguninstal driver kartu lama anda. Untuk uninstal driver kartu grafis yang akan diganti,

  • Klik kanan My Computer di desktop
  • Klik Properti
  • Klik tab Hardware
  • Klik Device Manager
  • Klik ganda item Display / adapters
  • Klik kanan nama kartu grafis yang terpasang
  • Klik Uninstall
  • Shut Down PC kemudian cabut kabel daya

Selanjutnya melepas kartu grafis lama anda dari slot AGP/PCI-E. Terlebih dulu lepas sekrup yang mengunci kartu grafis lama di bagian belakang casing, simpan sekrup dalam suatu wadah karena nanti anda membutuhkan lagi. Setelah itu buka juga klip yang mengunci kartu grafis dengan slot jika ada tergantung jenis/model motherboardnya. Klip ini terletak di slot kartu grafis.

Siapkan kartu grafis anda yang baru, hindari untuk memegang / menyentuh chip atau jalur rangkaian yang ada di kartu grafis anda.  Letakkan kaki kartu grafis di atas slot kartu. Slot kartu grafis jenis AGP kebanyakan berwarna coklat terletak agak mundur posisinya dibanding posisi slot PCI di motherboard. Sedangkan slot kartu grafis jenis PCI-E kebanyakan berwarna hitam dan lebih panjang dari slot AGP. Tekan ke bawah perlahan hingga tertancap mantap ke dalam slot kartu. Kunci bagian lempengan metalnya dengan sekrup ke bagian belakang casing. Pastikan kartu grafis tidak goyang dan tidak ada kabel yang menempel ke kipas pendingin yang ada di kartu grafis anda. Beberapa kartu grafis jenis PCI-E yang lebih bertenaga membutuhkan catu daya tersendiri dan mempunyai  konektor daya 4 pin berbentuk kotak. Anda mungkin harus membeli konektor tambahan jenis ini jika tidak tersedia dalam paket pembelian kartu grafis anda.

Pasang kabel daya kemudian hidupkan PC, Windows akan mengenali kartu grafis anda dan menginstal driver yang diperlukan secara otomatis jika tersedia. Jika tidak maka anda harus menginstal secara manual driver yang disertakan saat anda membeli kartu grafis.

Tinggalkan Balasan