Menampilkan Foto Profile Author Website/Blog di Halaman Google

google+Jika anda pemilik suatu website atau blog dan anda mempunyai akun di Google, anda dapat memberi sentuhan pribadi pada saat website atau blog anda terpampang di halaman hasil pencarian (search result) Google pada saat seseorang sedang mencari suatu informasi melalui mesin pencari (search engine) Google.

Sentuhan pribadi itu adalah dengan menampilkan foto profile Google anda yang biasanya oleh Google diletakkan di samping kiri dari link yang menuju ke website atau blog anda. Sebagai contoh adalah potongan halaman hasil pencarian Google di bawah ini:

profilesr

Di samping link dan deskripsi singkat tentang konten, di situ juga terdapat avatar foto profile dan nama pemilik (sengaja profile saya sendiri yang saya jadikan contoh) website atau blog salah satu hasil pencarian di halaman Google.

Lantas apa perlu dan manfaatnya dengan menampilkan foto profile semacam itu. Fasilitas ini disediakan oleh Google sendiri dan disebut dengan Google Authorship Markup yaitu informasi tentang siapa penulis suatu konten yang muncul di halaman hasil pencarian (search result) Google. Dengan adanya foto profile dan nama akunnya sekaligus akan menunjukkan dengan segera siapa penulis suatu konten dari sederetan konten yang ditampilkan oleh mesin pencari Google.

Kenyataan lainnya adalah ternyata dengan adanya snippet ini rasio klik menuju website atau blog menjadi meningkat. Hal ini bisa terjadi karena pandangan pencari informasi akan langsung tertuju kepada penampilan yang berbeda. Seperti kita ketahui biasanya hasil pencarian akan menampilkan informasi yang sebagian besar berupa teks. Sehingga dengan adanya elemen visual berupa foto profile pandangan pencari informasi akan langsung tertuju ke foto profile anda.

Cara yang telah saya lakukan adalah:

Langkah 1 : Menambahkan link rel=”author” yang diarahkan ke profil Google saya tepat setelah tag <title></title> di setiap halaman website atau blog saya, yaitu:

<head>
     <title>
          <link rel="author" href="http://plus.google.com/105652636840425171927/posts" />
     </title>
</head>

Keterangan:

http://plus.google.com/105652636840425171927/posts

adalah link ke profile Google saya.

Jika anda memakai WordPress anda cukup melakukannya satu kali saja biasanya di file “header.php”. Sisipkan link profile Google anda setelah tag title seperti contoh di atas (pastikan yang anda sisipkan adalah profile anda sendiri, jangan copas kode di atas karena nanti yang keluar foto saya)

Langkah 2 : Edit profil Google+ anda dengan menambahkan link website atau blog anda di bagian “Kontributor untuk” atau “Contributor to” yang ada di bagian bawah halaman pengeditan profile tersebut.

Dengan cara ini seluruh halaman atau posting anda akan dihubungkan dengan profile Google anda saat ditampilkan di halaman hasil pencarian Google.

Metode ini tidak langsung dapat dilihat hasilnya. Kita harus menunggu beberapa waktu (hari/minggu) tergantung hasil crawling Google ke website atau blog kita. Sambil nunggu avatar anda muncul silahkan diujicoba melalui Google Structured Data Testing Tool. Ketik url website atau blog anda kemudian klik tombol Preview. Jika sudah benar, avatar akan muncul di preview tersebut meskipun di search result sesungguhnya masih belum muncul. Jadi tinggal nunggu waktu saja. Meski demikian pihak Google sendiri menyatakan bahwa mereka tidak menjamin bahwa foto profile akan dimunculkan di setiap search result.

11 tanggapan untuk “Menampilkan Foto Profile Author Website/Blog di Halaman Google

  1. Saya sudah coba mas dan sdh tampil di webmaster, tinggal nunggu tampil di google. Utuk blog sy yg blogspot malah tanpa saya sadari begitu daftar google+ avatar saya langsung nongol

  2. Mau nanya maz bro, punya saya kok kalo di cek di webmaster muncul potonya tapi kalo di search google kok gak keliatan kira kira kendalanya apa ya, trim’s

    1. Jika sudah tampak di snipet tool itu berarti settingan sudah benar. Soal tampak tidaknya di halaman search google, hanya google yang tahu.
      Seperti pernah saya katakan, dulu saya sering ngecek dan ternyata belum juga tampak, lama-lama bosan dan saya anggap gagal. Entah kapan tepatnya akhirnya muncul juga

  3. Thanks tinggal nunggu google crawling blog ane. Tapi Waktu aku cek di google Structured Data Testing Tool ada tulisan Warning: Missing required field “updated”. maksudnya apa mas?

    1. Beberapa waktu lalu saya juga dapat hal serupa dg anda, solusinya saya dapat disini: http://technotes.khitrenovich.com/fix-missing-required-fields-warnings-rich-snippets-testing-tool/

      Untuk kasus anda tambahkan <span class=”update”> didepan kode php yang menampilkan tanggal posting. Jangan lupa menutupnya dengan </span>

      Lakukan di file index.php, single.php dan archive.php, jika anda menggunakan wordpress

      Ingat: backup dulu file asli sebelum diedit. Anda melakukan ini atas dasar resiko anda sendiri

    1. [update] silahkan tunggu hasil crawling googlebot, dulu saya ngecek tiap hari nggak muncul-muncul, saya lupakan belakangan tahu-tahu dah muncul.
      jika kira-kira sudah satu minggu belum juga muncul demikian juga dengan preview tidak juga muncul, anda harus cek apakah semua sudah benar

Tinggalkan Balasan