Memilih Printer Sesuai Kebutuhan

pilih-printer    
Printer manakah yang cocok buat anda? Berikut beberapa pertimbangan yang mungkin bisa anda gunakan sebagai referensi untuk mengambil keputusan mbeli sebuah printer.

1. Kegunaan Sebaiknya spesifikasi printer yang akan anda beli disesuaikan dengan kebutuhan anda. Jika untuk kebutuhan sehari-hari seperti mencetak dokumen, surat atau halaman web maka cukuplah dengan printer inkjet dengan fitur standard.

Berbeda jika ingin digunakan untuk pekerjaan cetak foto dan desain grafis atau yang dikenal dengan digital imaging, maka yang diperlukan adalah printer inkjet berkualitas photo (photo printer) beserta aplikasi-plikasi pendukungnya.

Sementara jika pekerjaan itu adalah untuk mencetak dokumen hitam-putih tapi dalam jumlah besar dengan kualitas prima maka printer laser monochrome adalah pilihan yang tepat karena mempunyai kecepatan lebih tinggi.

2. Frekuensi Penggunaan Jika anda jarang membutuhkan printer atau hanya sekali-sekali saja membutuhkan maka printer inkjet standard sudah cukup memadai, disamping mudah digunakan juga mudah perawatannya. Namun jika anda harus sering menggunakan untuk pekerjaan cetak dokumen biasa atau berwarna maka perlu diprtmbangkan untuk membeli printer dengan kemampuan multifungsi atau yang mempunyai fitur yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Anggaran Printer standard tanpa banyak fitur harganya semakin murah dikarenakan persaingan global. Anggaran yang minimpun cukup buat anda untuk memilih model, fungsi dan aplikasi yang anda butuhkan. Harga printer laser sangat mahal dibandingkan printer inkjet, sekitar 3X lipat untuk printer dengan fitur standard.

4. Resolusi Semakin tinggi resolusi yang sanggup dicetak oleh suatu printer semakin bagus kualitas hasil cetakannya. Printer standard umumnya sudah mampu untuk mencetak dokumen dengan resolusi 600×600 DPI (Dots Per Inch). Sedangkan untuk mencetak kualitas photo diperlukan kemampuan untuk mencetak dengan reolusi yang lebih tinggi.

5. Kecepatan Cetak Untuk urusan kecepatan serahkan saja sama printer laser. Namun tentunya disesuaikan dengan kebutuhan anda. Cocoknya dibutuhkan oleh kantoran atau industri yang membutuhkan banyak dokumen dengan segera. Ukuran yang dipakai adalah PPM (pages per minute) yaitu berapa halaman kemampuan mencetak suatu printer. Semakin tinggi semakin cepat. Namun ukuran PPM yang ditampilkan dimanualnya umumnya adalah kondisi dimana printer itu dibuat untuk mencetak pada mode tercepat dengan mengorbankan kualitas.

6. Cartridge atau Toner Printer Jenis printer menentukan cartridge yang digunakan. Saat ini printer warna semakin luas digunakan di kalangan masyarakat. Printer warna yang baik dan irit menggunakan slot cartridge terpisah antara yang untuk warna hitam dan warna lainnya – bisa sampai 4-5 slot cartridge. Namun tentunya banyak cartridge juga berarti banyak biaya perawatan dikemudian hari saat sudah waktunya ganti tinta atau saat cartridge harus diganti. Oleh karena itu saat ini banyak vendor atau toko printer yang menawarkan printer sekaligus jasa pemasangan infus.

Pemakaian infus dimasudkan untuk kemudahan pengisian tinta tanpa harus selalu direpotkan dengan bongkar pasang cartridge. Dengan demikian cartridgepun lebih awet. Dengan infus pula volume tinta juga dapat dimonitor apakah masih cukup atau harus segera diisi lagi. Meski demikian pemakaian infus bukan berarti tanpa masalah. Jika anda tergesa-gesa ingin pasang infus di printer baru anda, maka anda harus rela kehilangan hak garansi dari vendor/pabrik. Ada kalanya tinta tidak sempurna mengalir karena selang infus bocor kemasukan angin, yang mengakibatkan hasil cetak anda tidak sesuai dengan yang diharapkan. Juga jika pemasangan infus dilakukan secara sembrono, tidak saja merusak hasil cetak bahkan juga akan cepat merusak printer anda.

7. Fitur & Konektivitas Printer jenis lama menggunakan port paralel untuk menghubungkannya dengan komputer. Port ini ada dibagian belakang komputer. Jika anda tidak sering memindah-mindah printer saat menggunakannya, pemakaian printer dengan port paralel tidak ada kendala yang merepotkan. Jika ya maka perlu dipertimbangkan untuk membeli printer yang mempunyai konksi port USB yang lebih cepat transfer datanya dibanding port paralel disamping faktor kemudahan koneksinya.

Fitur lain yang perlu dipertimbangkan adalah direct printing yaitu kemampuan printer untuk mencetak tanpa harus tergantung dengan komputer. Komputer nyala atau mati, mencetak lanjut dilaksanakan.

Jika untuk kepentingan kantor, maka fitur kemampuan untuk mencetak melalui jaringan layak untuk juga dipertimbankan.

Sumber : Computer Easy edisi 4 – Mei 2005 dan internet

Tinggalkan Balasan