Ganti Avatar Komen Dengan Foto Anda

avatar    
Pernah lihat gambar seperti di samping? Beliau adalah mystery-man. Bagi anda yang suka blusukan ke blog dan baca artikel situs berita pasti sering lihat. Apalagi yang suka gatal selalu ingin meninggalkan komentar atas artikel atau berita di blog atau di situs berita. Mungkin sebagian dari kita masih belum tahu dan paham kenapa kalau kita meninggalkan komen maka muncul gambar ini di samping kiri komen yang kita tinggalkan/tulis, sementara komen milik orang lain bisa muncul foto orangnya atau gambar lain yang tidak sama dengan gambar ‘kita’ itu.

Avatar begitulah kita selanjutnya menamai gambar berukuran kecil dalam bingkai kotak yang senantiasa muncul di samping kiri komentar-komentar yang ditulis/ditinggalkan oleh para pengunjung suatu blog atau situs berita yang menyediakan fasilitas bagi pengunjung blog untuk meninggalkan komentar mereka atas suatu artikel atau berita.

Lantas bisakah avatar yang ada di samping komen kita itu bisa diganti menjadi foto atau gambar sesuai dengan yang kita kehendaki? Mungkin bisa dengan menggunakan Globally Recognized Avatar (Gravatar) dengan syarat situs dimana kita meninggalkan komen tersebut mendukung (support) gravatar ini.

Syarat lainnya adalah:

  1. Silahkan kunjungi situs Gravatar
  2. Daftarkan diri anda di situs tersebut dengan menggunakan alamat email yang biasa anda gunakan.
  3. Konfirmasi alamat email anda itu saat diminta oleh Gravatar, biasanya dengan mengklik link yang dikirim ke alamat email anda untuk konfirmasi
  4. Upload foto atau gambar yang anda kehendaki sesuai dengan ukuran yang ditentukan oleh Gravatar

Kelak jika anda memeberi komen di suatu artikel blog manapun dan meninggalkan alamat email sesuai dengan yang anda daftarkan di Gravatar, maka foto atau gambar yang anda daftarkan/upload di situs Gravatar tadi akan muncul sebagai avatar anda yang terletak di samping komen anda. Jika itu foto anda maka wajah anda akan tersebar dimana-mana tanpa anda harus kemana-mana.

Nantinya dengan satu akun saja anda bisa menambahkan alamat email sebanyak alamat email yang anda punyai, bahkan alamat email saudara atau pacar anda selama alamat email itu terkonfirmasi dengan mengklik link konfirmasi yang dikirim oleh Gravatar ke alamat email tersebut untuk otentifikasi.

Tinggalkan Balasan