Demi Anak Bapak Berhenti Merokok

rick    
Rick van Beek, 38 tahun, adalah mantan perokok berat dengan jatah 2 bungkus rokok per hari. Merokok sejak usia 12 tahun. Tinggal di Michigan bersama dengan seorang istri bernama Mary dan 3 orang anak, Rachel, Madison dan Hunter.

Adalah Maddy, panggilan Madison, yang telah merubah secara drastis kehidupan Rick yang awalnya tidak begitu peduli dengan kondisi tubuh dan kesehatannya menjadi seorang pelari triathlon yang notabene adalah salah satu olahraga ekstrem yang membutuhkan super ekstra stamina dan kebugaran serta tidak semua orang bahkan atlet lari jarak jauhpun dapat melakukan olah raga ini, apalagi orang yang pada mulanya sama sekali tidak berpikir untuk berolahraga.

Rick, Maddy & Hunter

Bermula saat Rick melihat untuk pertama kali bagaimana gembiranya Maddy yang berusia 13 tahun itu didorong dalam kereta bayinya untuk menyaksikan suatu event lomba marathon. Kondisi fisik dan mental Maddy memang tidak mencerminkan fisik dan mental anak seusianya. Dia layaknya seorang balita berusia 3 tahun. Maddy menderita cerebral palsy atau kelumpuhan otak kategori berat, sehingga pertumbuhan badannya tidak sempurna dan akibatnya dia tidak bisa berjalan, melihat maupun mendengar. Sebelumnya Rick hampir tidak pernah memberi perhatian kepada Maddy. Perhatiannya senantiasa diberikan kepada Rachel, sang kakak perempuan dan Hunter, adik laki-laki Maddy. Hingga pada hari itu ketika untuk pertama kalinya dia melihat begitu senang dan gembiranya Maddy. Kegembiraan yang belum pernah dia lihat sebelumnya dari Maddy. Kegembiraan seorang anak penderita kelumpuhan otak permanen yang pada akhirnya membangkitkan emosional sang Ayah.

Tidak lama setelah itu entah bagaimana Rick berhenti merokok dan mengunyah tembakau. Sebelumnya disamping merokok 2 bungkus per hari, dia juga menghabiskan sekaleng tembakau untuk dikunyah. Tidak hanya berhenti merokok, dia juga mulai rajin berlatih lari sambil mendorong kereta bayi Madison. Dia merasa anaknya inilah yang menunjukkannya bagaimana cara hidup sehat. Dia tidak lagi memandang Maddy sebagai beban keluarga, melainkan suatu berkah yang menginspirasi orang lain dan merubah hidup keluarganya.

Sejak itu Rick menjadi atlet triatlhon yang kemanapun berlomba selalu bersama dengan Maddy. Mereka telah menjadi suatu tim dalam olahraga ini dan sejak tahun 2008 mereka telah mengikuti 75 event lomba triathlon. Tidak hanya mereka berdua saja, satu keluarga telah bergabung dalam tim itu. Saat berenang Rick menarik Maddy yang ditempatkan di kayak ditemani oleh sang kakak Rachel yang berenang di sampingnya meski hanya untuk sejauh 500 meter dari start. Setelah itu Rick akan mengayuh sepeda yang dilengkapi dengan kereta khusus untuk Maddy. Kemudian Rick akan berlari sambil mendorong Maddy dalam keretanya dan kali ini Hunter yang akan menemani berlari untuk beberapa saat.

Rick Van Beek & Madison
Rick Van Beek & Madison

Meski Rick tidak bisa berlari dengan cepat karena harus sambil mendorong Maddy dalam kereta bayi, dia mengaku sangat senang dan menikmati setiap kebersamaan dengan Maddy yang sangat menyukai kegiatan di luar rumah. Rachel yang awalnya takut berenang di laut, rela mengalahkan rasa takutnya demi Maddy. Demikian juga Hunter sangat termotivasi untuk ikut berlari untuk jarak tertentu di sisi ayahnya demi keceriaan Maddy. Semua piagam dan medali yang mereka peroleh dipakai untuk menghiasi kamar Maddy. Kemanapun mereka berlomba tim Maddy ini senantiasa mendapat sambutan dan semangat dari penonton dan atlet lain.

Sumber : Rick van Beek blog post dan berbagai sumber

Tinggalkan Balasan