Cara Mengetahui Nomor IMEI Ponsel

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter0Share on LinkedIn0


IMEI atau International Mobile Station Equipment Identity, adalah sederet nomor atau angka yang merupakan identitas suatu ponsel tertentu dan bersifat unik tidak ada kembarannya.  Jadi setiap ponsel pasti mempunyai IMEI yang berbeda. Nomor IMEI menjadi sangat penting pada saat situasi darurat semisal ponsel tersebut hilang atau dicuri. Dengan IMEI keberadaan sebuah ponsel dapat dilacak. Nomor IMEI ini sebenarnya terkait dengan slot kartu SIM sehingga jika ponsel anda menggunakan dual SIM maka ponsel anda mempunyai dua IMEI.

Dengan IMEI ini sebenarnya perangkat ponsel yang dicuri bisa diblacklist dan tidak bisa digunakan meskipun ponselnya diganti dengan SIM card dari operator lain yang beda dengan operator pada saat sebelum ponsel tersebut dicuri. Namun semua itu tergantung koordinasi antar operator seluler baik nasional maupun internasional.

Misalnya saja sebuah ponsel dicuri dan pemiliknya ingin agar ponsel tersebut diblacklist maka operator seluler membutuhkan nomor IMEI ponsel bersangkutan untuk diinputkan ke sebuah peralatan yang disebut dengan Equipment Identity Register (EIR), jika operator tersebut mempunyai. Selanjutnya jika tersedia pula informasi yang ada di peralatan tersebut bisa dikomunikasikan dengan Central Equipment Identity Register (CEIR), sehingga ponsel tidak bisa digunakan meski diganti SIM card dari operator yang tergabung dalam CEIR tersebut.

Namun kenyataannya kita pasrah saja jika kehilangan ponsel dengan berbagai sebab, antara lain tidak mau ribet, dan mungkin harus keluar sedikit ongkos untuk melapor ke pihak berwajib sebagai bukti barang hilang. Demikian juga belum tentu operator mempunyai EIR yang disebut di atas sehingga kalau kita laporpun tidak ada gunanya karena operator tidak bisa menindaklanjuti.

Ada beberapa cara untuk mengetahui nomor IMEI sebuah ponsel bahkan jika ponsel tersebut telah hilang atau dicuri. Berikut caranya :

  1. Nomor IMEI biasanya dapat ditemukan di badan ponsel yaitu di dalam tempat baterry, untuk mengetahuinya anda harus membuka tutup battery dan melepas battery
  2. Untuk semua jenis ponsel dapat menggunakan Kode Unstructured Supplementary Service Data (USSD), yaitu dengan menekan kombinasi *#06# maka nomor IMEI akan langsung ditampilkan di layar ponsel.
  3. Untuk ponsel yang menggunakan Android nomor IMEI dapat diketahui dengan cara navigasi Settings> About Phone> Status> IMEI Information. Pada iPhone hampir sama yakni Settings> General> About> IMEI
  4. Jika ponsel anda hilang atau dicuri, nomor IMEI dapat dilihat pada doos kotak wadah ponsel tersebut. Bagaimana jika anda sudah terlanjur membuang doos / box ponsel anda? Untuk ponsel yang berbasis Android, anda berpeluang mendapatkannya dengan masuk (login) ke akun Google anda di Google Dashboard. Kemudian klik logo Android yang terdapat di situ maka nomor IMEI ponsel yang terhubung dengan akun Google anda akan ditampilkan semua.
  5. Untuk iPhone anda bisa mendapatkan dengan catatan anda pernah membackup perangkat iPhone anda di iTunes (Mac/PC). Buka iTunes> Prefferences> , jika disitu terdapat perangkat yang pernah anda backup/sinkronisasi arahkan kursor kesitu, nanti akan ditampilkan IMEI dan Serial Number iPhone anda.

Catatan, untuk iPhone saya belum coba karena saya tidak punya perangkat iPhone, cara yang tulis di poin 4 saya peroleh dari browsing. Mudah-mudahan bermanfaat.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

SerbaSerbi.web.id © 2016 Frontier Theme